• Launching PPSDM KEBTKE
Berita

Berita (198)

Kepala PPSDM KEBTKE membuka secara resmi Diklat Teknis Pelaksanaan Asessmen Sebagai Asesor Kompetensi Muda Bidang Pembangkitan Tenaga Listrik, Diklat Teknis Auditor Energi Pada Industri, Diklat Teknis Evaluasi Fs PLTMH, dan Diklat Teknis PLTS Terpusat Bagi Operator Dan/ Atau Pengelola.

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan pasal Pasal 44 ayat 6 menyatakan bahwa ”Setiap tenaga teknik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki sertifikat kompetensi’’, selanjutnya Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 5 tahun 2014 tentang tata cara akreditasi dan sertifikasi ketenagalistrikan menyatakan bahwa Tenaga teknik ketenagalistrikan yang bekerja pada usaha ketenagalistrikan wajib memiliki Sertifikat Kompetensi yang diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi terakreditasi. Penyelenggaraan Diklat Teknis Pelaksanaan Asessmen Sebagai Asesor Kompetensi Muda Bidang Pembangkitan Tenaga Listrik untuk memenuhi kebutuhan tenaga asesor di bidang ketenagalistrikan.

Jakarta - (Detikcom) Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE), Badan Pengembangan SDM ESDM, Kementerian ESDM, menggelar Diklat Keselamatan Ketenagalistrikan (K2).


Diklat ini digelar dengan tujuan menghasilkan Sumber Daya Manusia yang dapat merencanakan penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan (SMK2), melaksanakan Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan (SMK2), melaksanakan Administrasi dan Dokumentasi Pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan (SMK2), menilai Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan (SMK2), Pelaksana Teknis Keselamatan Ketenagalistrikan,Pengawas Pertama Operasional Keselamatan Ketenagalistrikan, Pengawas Madya Operasional Keselamatan Ketenagalistrikan, Pengawas Utama Operasional Keselamatan Ketenagalistrikan dan Penanggung Jawab Keselamatan Ketenagalistrikan.

Program pendidikan dan pelatihan Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) yang dibuka antara lain.

Jakarta - (detik.com) Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE), Badan Pengembangan SDM ESDM, Kementerian ESDM, menggelar Diklat Teknis Panas Bumi. Diklat ini digelar dalam rangka menghasilkan operator yang memiliki kompetensi mampu dalam mengoperasikan dan memelihara Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).


Program pendidikan dan pelatihan Panas Bumi yang dibuka antara lain:

Kegiatan Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral Ibu Ir. Umi Asngadah M.T. Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Bagi Pengelola Angkatan 10 bertujuan untuk menghasilkan pengelola PLTMH yang mampu mengoperasikan, memelihara, dan mengelola PLTMH. 

Jakarta - detik.com Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE), Badan Pengembangan SDM ESDM, Kementerian ESDM, menggelar Diklat Asesor Kompetensi dan Asesor Badan Usaha Bidang Ketenagalistrikan dalam rangka menghasilkan tenaga asesor untuk melaksanakan sertifikasi tenaga teknik dan sertifikasi badan usaha.


Tujuannya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu melaksanakan tugas sebagai:

a. Asesor Kompetensi Muda, Madya, dan Utama di bidang pembangkitan tenaga listrik, transmisi tenaga listrik, distribusi tenaga listrik, pemanfaatan tenaga listrik, dan badan usaha ketenagalistrikan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

b. Asesor Badan Usaha Muda, Madya, dan Utama yang mampu menyelesaikan permasalahan yang timbul pada proses sertifikasi badan usaha sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pada tanggal 7 – 9 November 2017 bertempat di Kota Semarang, BPSDM ESDM mengadakan Workshop Strategi Marketing Badan Layanan Umum Pengembangan SDM. Workshop ini bertujuan untuk menambah wawasan peserta terkait kegiatan marketing yang tepat dilaksanakan di masing-masing satker. 

Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Bagi Pengelola Angkatan 10 akan diikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan dan Sumatera Barat. Materi yang disampaikan dalam Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Bagi Pengelola Angkatan 10 sebanyak 108 JP, yang terdiri dari 68 JP penyampaian materi di kelas, Praktik Pengukuran, Praktik Pengoperasian, Praktik Pemeliharaan dan Praktik Pengelolaan 32 JP, dan diakhiri Evaluasi 8 JP.

Diklat Teknis PLTS Terpusat Bagi Pengelola bertujuan untuk menghasilkan pengelola PLTS terpusat yang mampu mengoperasikan, memelihara, dan mengelola PLTS.

Diklat Teknis PLTS Terpusat bagi Pengelola diikuti oleh 21 orang yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral Ibu Umi Asngadah, M.T.

Training Company Investment Decision – Analysis For Geothermal Projects diikuti oleh 16 orang peserta yang berasal dari lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Universitas, PT. PLN (Persero), dan Industri.

Page 1 of 15

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral