International Training Programme On Bioenergy Development

 

Pusat Diklat KEBTKE bekerja sama dengan NAM-CSSTC, menyelenggarakan Diklat yang bertajuk International Training Programme on Bioenergy Development.  Pelatihan tersebut dilaksanakan di Yogyakarta pada tanggal 24 s.d. 31 Agustus 2015 dan dibuka oleh Staff Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Sosial Kemasyarakatan, Kementerian ESDM, Ronggo Kuncahyo. Pelatihan yang bertujuan memberikan pengetahuan secara komprehensif mengenai Bioenergy dalam konteks pembangunan energi di Indonesia ini dihadiri oleh peserta yang berasal dari perwakilan negara Tanzania, Cuba,  Indonesia, Laos, Myanmar, Pilipina, Thailand, dan Bangladesh.

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini mencakup Introduction to Bioenergy, Charateristic and Potency of Feedstock, Teknologi Produksi dan Pemanfaatan Bioenergi, Utilization of Bioenergy, Set Up a Bioenergy Project.
Selain diberikan teori, dalam pelatihan ini peserta juga diajak untuk terjun langsung ke lapangan yaitu dengan melakukan kunjungan ke Pasar Buah Gamping di daerah Sleman, produksi micro alga di daerah Cangkringan dan Laboratorium Universitas Gadjah Mada (UGM). Pengajar dalam pelatihan ini melibatkan tenaga ahli dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Praktisi Bioenergy.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral