Seminar Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia dalam Pelaksanaan Konservasi Energi Bidang Bangunan Gedung di Provinsi Kalimantan Selatan

Dalam rangka implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2009 tentang Konservasi Energi, serta sejalan dengan program penghematan energi yang dicanangkan oleh Pemerintah, Pusdiklat KEBTKE mengadakan acara "Seminar Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia dalam Pelaksanaan Konservasi Energi Bidang Bangunan Gedung di Provinsi Kalimantan Selatan" yang diselenggarakan di Hotel Golden Tulip Banjarmasin.

 

Pada seminar kali ini di isi oleh 6 narasumber yaitu Sukiman, S.H., M.H dari Pusdiklat KEBTKE, A. Agung Feinnudin, S.T., M.S.E dari Ditjen EBTKE, Ir. Joko Winarno dari Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Selatan, RR. Endang Widayati, S.T., M.T. dari Pusdiklat KEBTKE, Ir. Titovianto Widyantoro, M.Si dari HAKE, dan Rahmawati, S.Pd dari Dinas Pendidikan Kab. Bekasi. Dalam penyelenggaraanya seminar ini terbagi dalam dua sesi. Sesi I bertema kebijakan membahas tentang Kebijakan Bidang Konservasi Energi dan Efisiensi Energi di Indonesia, Implementasi Kebijakan Konservasi Energi dan Efisiensi Energi di Provinsi Kalimantan Selatan, Kebijakan Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia Bidang Konservasi Energi dan Efisiensi Energi di Indonesia. Sedangkan Sesi II mengambil tema Peningkatan Kompetensi SDM Pada Bangunan Gedung. Kiat-kiat Penghematan Energi pada Design Aktif Bangunan Gedung, Konservasi Energi pada Design Pasif Bangunan Gedung, Best Practice : Sekolah Hemat Energi

Total peserta yang menghadiri seminar kali ini sebanyak 80 peserta yang berasal dari pemerintah daerah, sekolah dan universitas di Kalimantan Selatan. Para peserta mengikuti seminar dengan antusias ini telihat dari pertanyan- pertanyaan yang diberikan kepada narasumber.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral