• Idul Fitri

Kepala PPSDM KEBTKE secara resmi DT. Pelaksanaan Asessmen Sebagai Asesor Kompetensi Muda Bidang Pembangkitan Tenaga Listrik, DT. Auditor Energi Pada Industri, DT. Evaluasi Fs PLTMH, dan DT. PLTS Terpusat Bagi Operator Dan/ Atau Pengelola

Kepala PPSDM KEBTKE membuka secara resmi Diklat Teknis Pelaksanaan Asessmen Sebagai Asesor Kompetensi Muda Bidang Pembangkitan Tenaga Listrik, Diklat Teknis Auditor Energi Pada Industri, Diklat Teknis Evaluasi Fs PLTMH, dan Diklat Teknis PLTS Terpusat Bagi Operator Dan/ Atau Pengelola.

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan pasal Pasal 44 ayat 6 menyatakan bahwa ”Setiap tenaga teknik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki sertifikat kompetensi’’, selanjutnya Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 5 tahun 2014 tentang tata cara akreditasi dan sertifikasi ketenagalistrikan menyatakan bahwa Tenaga teknik ketenagalistrikan yang bekerja pada usaha ketenagalistrikan wajib memiliki Sertifikat Kompetensi yang diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi terakreditasi. Penyelenggaraan Diklat Teknis Pelaksanaan Asessmen Sebagai Asesor Kompetensi Muda Bidang Pembangkitan Tenaga Listrik untuk memenuhi kebutuhan tenaga asesor di bidang ketenagalistrikan.

 

Dalam penerapan audit energi, khusus bagi pengguna energi dalam jumlah besar atau minimal setara 6.000 Tonne Oil Equivalent (TOE) per tahun, dalam pelaksanaannya antara lain harus menunjuk seorang Auditor Energi, yang bertugas menyusun program konservasi energi, melaksanakan audit energi secara berkala, melaksanakan rekomendasi hasil audit energi, dan melaporkan konservasi energi setiap tahunnya.

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) merupakan salah satu pembangkit yang dapat dijadikan alternatif dalam menyuplai/menyediakan tenaga listrik. Dengan adanya listrik diharapkan kehidupan masyarakat lebih baik. Selain sisi positif, energi listrik juga mempunyai sisi negatif jika tidak dikelola dengan baik. Manajemen yang baik setidaknya dalam hal perencanaan, konstruksi, operasi, pemeliharaan serta inspeksi secara menyeluruh pada PLTMH dengan tidak mengabaikan masalah lingkungan sekitarnya. 

Selain di pengembangan PLTMH, Pemerintah telah menjalankan program pengembangan PLTS di seluruh wilayah Indonesia, terutama di wilayah-wilayah yang terisolasi dari jaringan listrik atau kita kenal dengan sistem off-grid. Suksesnya program pemerintah tersebut tidak lepas dari kompetensi sumber daya manusia yang nantinya akan mengelola sistem PLTS yang sudah dibangun dan pengembangan lebih lanjut.

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral