• Header

Kepala PPSDM KEBTKE Secara Resmi Membuka 3 Diklat Masyarakat.

Kepala PPSDM KEBTKE membuka secara resmi membuka dua kelas Diklat Teknis PLTS Terpusat Bagi Operator dan atau Pengelola serta Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) Bagi Operator dan atau Pengelola.

Berdasarkan UU No. 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan dikatakan bahwa pembangunan nasional bertujuan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Kebijakan pemerintah untuk mempercepat listrik masuk desa semakin dikembangkan, dalam upaya mendorong kegiatan perekonomian serta meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan rakyat.

 

Diklat Teknis PLTMH Bagi Pengelola bertujuan untuk menghasilkan pengelola PLTMH yang mampu mengoperasikan, memelihara, dan mengelola PLTMH. Sedangkan Diklat Teknis PLTS Terpusat Bagi Pengelola bertujuan untuk menghasilkan pengelola PLTS terpusat yang mampu mengoperasikan, memelihara, dan mengelola PLTS.

Diklat Teknis PLTS Terpusat bagi Pengelola diikuti oleh 41 orang yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat dan Diklat Teknis PLTMH Bagi Pengelola diikuti oleh 16 orang peserta dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Sumatera Utara.

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) merupakan salah satu pembangkit yang dapat dijadikan alternatif dalam menyuplai/menyediakan tenaga listrik. Dengan adanya listrik diharapkan kehidupan masyarakat lebih baik. Selain sisi positif, energi listrik juga mempunyai sisi negatif jika tidak dikelola dengan baik. Manajemen yang baik setidaknya dalam hal perencanaan, konstruksi, operasi, pemeliharaan serta inspeksi secara menyeluruh pada PLTMH dengan tidak mengabaikan masalah lingkungan sekitarnya. 

Selain di pengembangan PLTMH, Pemerintah telah menjalankan program pengembangan PLTS di seluruh wilayah Indonesia, terutama di wilayah-wilayah yang terisolasi dari jaringan listrik atau kita kenal dengan sistem off-grid. Suksesnya program pemerintah tersebut tidak lepas dari kompetensi sumber daya manusia yang nantinya akan mengelola sistem PLTS yang sudah dibangun dan pengembangan lebih lanjut.

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral