• Idul Fitri

Pembukaan Diklat Teknis Biogas Komunal dan PLTS Terpusat

Kepala PPSDM KEBTKE secara resmi membuka Diklat Teknis Biogas Komunal dan Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat bagi operator dan/atau pengelola.

Diklat Teknis Biogas Komunal bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dalam mengelola biogas komunal. Diklat Teknis PLTS Terpusat Bagi Operator dan atau Pengelola bertujuan untuk menghasilkan Pengelola PLTS Terpusat yang mampu mengoperasikan, memelihara, dan mengelola PLTS Terpusat.

Diklat Teknis Biogas Komunal, dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2018 s.d 14 Juli 2018, sedangkan Diklat Teknis PLTS Terpusat bagi Operator dan/atau pengelola, dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2018 sampai dengan tanggal 21 Juli 2018.

Diklat Teknis Biogas Komunal diikuti oleh 20 orang peserta berasal dari masyarakat umum dari Kabupaten Bandung (Kelompok Taruna Mandiri) sebanyak 10 orang dan Pondok Pesantren Khas (Kyai Haji ’Aqiel Siroj) sebanyak 10 orang, sedangkan Diklat Teknis PLTS Terpusat bagi Operator dan atau pengelola diikuti oleh 31 orang peserta berasal dari Kalimantan Barat 5 orang, Jawa Tengah 5 orang, Papua 10 orang, dan Sulawesi Selatan 10 orang.

Materi Diklat Teknis Biogas Komunal akan diberikan sebanyak 48 jam pelajaran tediri dari 46 jam teori (4 jam pengenalan Biogas, 4 jam pemanfaatan dan pengelolaan, 9 jam pengoperasian, 9 jam pemeliharaan, 20 jam praktik) dan 2 jam pelajaran evaluasi. Materi Diklat Teknis PLTS Terpusat bagi Operator dan atau pengelola akan diberikan sebanyak 108 jam pelajaran yang terdiri dari teori sebanyak 66 Jam Pelajaran teori, Praktik/Simulasi sebanyak 40 Jam Pelajaran dan 2 Jam Pelajaran untuk ujian.  

Tenaga pengajar Diklat Teknis Biogas Komunal dan Diklat Teknis PLTS Terpusat bagi Operator dan/atau pengelola berasal dari Pejabat Fungsional Widyaiswara PPSDM KEBTKE.

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral