Kementerian ESDM Sosialisasikan Program Sertifikasi Siswa SMK Jawa Barat

Bandung, Tribunnews. Pusat Pengembangan Sumber Daya manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sosialisasikan program sertifikasi siswa SMK di Jawa Barat di Gedung PPSDM Aparatur, Jalan Cisitu Lama, Kota Bandung, Selasa (9/10/2018).

 

Salah satu bentuk kerjasamanya adalah meningkatkan akses sertifikasi lulusan SMK yang terkait dengan bidang energi dan sumber daya mineral.

Kepala Subbidang Evaluasi PPSDM KEBTKE, Ahmad Nasarudin mengutarakan, kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang ketenagalistrikan di tingkat SMK.

Program ini juga merupakan langkah mengimplementasikan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia di Indonesia.

“Berangkat dari Inpres tersebut, kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat untuk meningkat kualitas siswa SMK, khususnya di bidang ketenagalistrikan dengan melakukan uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi,” ungkap Nasarudin saat ditemui di Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Radjiman nomor 6, Kota Bandung, Senin (8/10/2018).

Kegiatan ini disosialisasikan langsung oleh Kepala PPSDM KEBTKE, Umi Asngadah dan dihadiri oleh Staf Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Dinas Pendidikan Jawa Barat serta Kepala Sekolah SMK yang memiliki jurusan kelistrikan di Jawa Barat.

Umi mengutarakan, program sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK, khususnya jurusan ketenagalistrikan.

“Ini akan sangat baik untuk peserta didik. Jadi ketika lulus, tidak hanya bermodalkan ijazah (untuk mencari kerja), namun juga sudah memegang sertifikat tanda lulus uji kompetensi di ESDM di bidang ketenagalistrikan,” tutur Umi.

Awalnya, masih menurut Umi, lahirnya program ini dikhususkan untuk peserta didik dari sekolah 3T (terdepan, terluar dan terdalam).

Namun, atas perintah pemerintah pusat, program sertifikasi ini mulai dianjurkan untuk sekolah umum dengan maksud untuk menciptakan siswa SMK yang siap kerja dan memiliki kompetensi tinggi. 

Ahmad Nasarudin menjelaskan, program sertifikasi ini tak lepas dari program pemerintah yang sedang gencar melakukan pembangunan peningkatan batuan energi.

“Akan ada peluang kerja yang besar di bidang ketenagalistrikan dan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh SMK,” ucapnya.

Ahmad juga mengatakan, berdasarkan Undang-undang nomor 30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, salah satu syarat yang harus dimiliki setiap tenaga teknik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki sertifikat kompetensi.

Staf PSMK Dinas Pendidikan Jawa Barat, Nelli Yohana menyambut baik kerjasama tersebut. Ia mengatakan dengan diadakannya sertfikasi untuk peserta didik SMK akan meningkatkan kualitas peserta didik Jawa Barat di bidang ketenagalistrikan.

“Kami sangat merespon baik program yang akan diadakan oleh PPSDM KEBKTE Kementrian ESDM. Kita berharap di proses sosialiasi besok, banyak SMK yang tertarik untuk mengikuti kerjasama tersebut,” tutur Nelly.

Sedangkan Kepala Sekolah SMKN 6 Bandung, RM Lukman menyambut baik program kerja sama tersebut. Menurutnya, sertifikasi bagi peserta didik di era sekarang menjadi keniscayaan guna kebutuhan di dunia kerja.

“Kami menyambut baik kerja sama ini, karena ini akan berguna bagi peserta didik kita saat masuk ke dunia kerja,” ujarnya. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kementerian ESDM Sosialisasikan Program Sertifikasi Siswa SMK Jawa Barat, http://www.tribunnews.com/kilas-kementerian/2018/10/10/kementerian-esdm-sosialisasikan-program-sertifikasi-bagi-siswa-smk-di-jawa-barat?page=2.

Editor: Content Writer

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral