Pendidikan Dan Pelatihan Teknis Dan Uji Kompetensi Teknisi Instalasi Listrik Penerangan Dan Daya Fasa Satu Angkatan I

Sebagai upaya untuk menghasilkan tenaga kerja terampil jasa konstruksi yang memiliki kompetensi di bidang Pemasangan Instalasi Listrik Penerangan dan Daya Fasa Satu, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Pusat Diklat KEBTKE) mengadakan Diklat Teknis dan Uji Kompetensi Teknisi Instalasi Listrik Penerangan dan Daya Fasa Satu di Gedung Pusat Diklat KEBTKE, Jalan Poncol Raya No. 39, Ciracas, Jakarta Timur terhitung mulai tanggal 12 sampai dengan 17 Februari 2013.

Peserta Diklat kali ini berjumlah 23 orang yang berasal dari Perkumpulan Perlindungan Instalasi Listrik Nasional (PPILN) daerah Jakarta dan Tangerang. Dibuka oleh Kepala Pusat Diklat KEBTKE yang diwakili oleh Kepala Bidang Standar dan Sarana Prasarana, Sukiman, S.H., M.H. dan tampil sebagai pembicara adalah Ir. H. Sumarsono dan Ir. Muhibi Machbub dari Himpunan Ahli Teknik Distribusi (Hatekdis).

Dalam proses pembelajaran, para peserta diberi materi berupa Bahan/Material Listrik, Teori Dasar Listrik, Instalasi Penerangan, Alat Ukur, Pengukuran Listrik dan Alat Kerja, K3 Pekerjaan Pemasangan Instalasi Listrik Penerangan Daya Fasa Satu. Selain itu, peserta juga melakukan praktik terkait materi diklat.

Setelah diberikan materi, peserta kemudian mengikuti pelaksanaan uji kompetensi. Pelaksanaan Uji Kompetensi ini dilaksanakan dengan 3 (tiga) metode yaitu : uji tulis, uji wawancara, serta uji praktik/keterampilan. Dalam pelaksanaan uji kompetensi, peserta diklat diuji oleh 3 (tiga) orang asesor, yang terdiri dari satu orang asesor bertindak sebagai asesor ketua, sedangkan dua lainnya sebagai asesor anggota.

Diharapkan setelah mengikuti diklat serta uji kompetensi ini, peserta mampu memahami prosedur, mempersiapkan dan melaksanakan pemasangan instalasi listrik penerangan dan daya fasa satu serta memasangkan PHB untuk bangunan gedung, bangunan industri kecil dengan daya sampai dengan 197 kVA, bangunan industri menengah, bangunan insdustri besar, bangunan rumah sakit, dan pemasangan sistem pembumian.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral