Roadshow Program Diklat Jakarta

Dalam rangka Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2012 tentang Kegiatan Usaha Penyediaan Tenaga Listrik dan Peraturan Pemerintah Nomor 70 tahun 2009 tentang Konservasi Energi, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Pusat Diklat KEBTKE) menyelenggarakan Roadshow Program Diklat pada 22 Maret 2013. Acara ini diselenggarakan di Hotel Bidakara Pancoran dan diikuti oleh 50 peserta dari sektor industri, mall, perhotelan serta rumah sakit.

Kegiatan roadshow ini bertujuan untuk menginformasikan regulasi dan kebijakan terkait Uji Laik Operasi PLTD dan Manajer Energi, menginformasikan program diklat unggulan Diklat Teknis Uji Laik Operasi PLTD dan Diklat Teknis Manajer Energi, serta meningkatkan kerjasama Pusat Diklat KEBTKE di bidang Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi.

Target yang hendak dicapai dalam roadshow ini adalah dapat disebarluaskannya informasi tentang program pendidikan dan pelatihan untuk Diklat Teknis Uji Laik Operasi PLTD dan Diklat Teknis Manajer Energi untuk mendukung peranan daerah dan industri di bidang Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. Kemudian sasaran yang hendak dicapai dari pelaksanaan roadshow ini adalah Tersampaikannya Informasi Diklat Unggulan Pusat Diklat KEBTKE kepada Pelaku Industri/Praktisi dan Perhotelan.

Acara ini diawali dengan pembukaan kemudian penyampaian beberapa materi seperti paparan Kegiatan Ketenagalistrikan dan Konservasi Energi, penjelasan mengenai Diklat Teknis Uji Laik PLTD yang disampaikan oleh Didik Hadiyanto, S.T., Diklat Teknis Manajer Energi yang disampaikan oleh Ir. Titovianto Widyantoro, M.Si. serta  profil Pusat Diklat KEBTKE yang disampaikan oleh Dra. Upik Jamil. Setelah penyampaian materi acara dilanjutkan dengan sesi diskusi.

Setelah memberikan paparan materi Diklat Teknis Uji Laik PLTD dan Diklat Teknis Manajer Energi, pada sesi diskusi, pembicara juga menjelaskan perbedaan antara Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang ditanyakan oleh salah satu peserta Roadshow Program Diklat. Dalam penjelasannya, di pusat diklat setiap sektor mempunyai lembaga sertifikasi yang identik dengan spesifikasi pekerjaannya. Sedangkan pada Departemen Tenaga Kerja mempunyai Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang melakukan sertifikasi terhadap seluruh tenaga teknik di Indonesia. Paparan disampaikan dengan menarik oleh para pembicara sehingga membuat para peserta Roadshow Program Diklat Teknis Uji Laik PLTD dan Program Diklat Teknis Manajer Energi sangat antusias terhadap materi yang diberikan.

 

 

 

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral