Sosialisasi Standar Latih Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan Bidang Pembangkitan Tenaga Listrik Sub Bidang Operasi Dan Sub Bidang Pemeliharaan (Hotel Bidakara, 24 April 2013)

Dalam rangka menindaklanjuti Undang – Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan Pasal 44 ayat (6) yang telah mengamanatkan bahwa setiap tenaga teknik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki sertifikat kompetensi, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Pusat Diklat KEBTKE) melalui bidang Program dan Kerja Sama, kembali melaksanakan Sosialisasi Standar Latih Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan Bidang Pembangkitan Tenaga Listrik Sub Bidang Operasi dan Sub Bidang Pemeliharaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menciptakan SDM yang memiliki standar kompetensi yang dipersyaratkan agar dapat mewujudkan ketersediaan tenaga listrik yang aman, andal dan akrab lingkungan.

 

Tujuan dari program sosialisasi ini adalah untuk menyebarluaskan informasi mengenai SLK Tenaga Teknik Ketenagalistrikan Bidang Pembangkitan Tenaga Listrik Sub Bidang Operasi dan Sub Bidang Pemeliharaan di Provinsi DKI Jakarta dan mewujudkan tertib penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan ketenagalistrikan yang berbasis kompetensi. Selain itu, dari kegiatan sosialisasi ini diharapkan Standar Latih Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan Bidang Pembangkitan Tenaga Listrik Sub Bidang Operasi dan Sub Bidang Pemeliharaan dapat dijadikan acuan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan ketenagalistrikan berbasis kompetensi secara nasional.

Sosialisasi yang diadakan di hotel Bidakara Jakarta itu, dibuka oleh Kepala Badan Diklat ESDM yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri ESDM bidang Komunikasi dan Sosial Kemasyarakatan, Ir. Ronggo Kuncahyo, M.M. Dalam sambutan Kepala Badan Diklat ESDM, disampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini adalah sebagai implementasi Keputusan Menteri ESDM Nomor 1094.K/30/MEM/2003 tentang Standar Latih Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistirkan untuk menyebarluaskan informasi dan memperoleh pemahaman mengenai Standar Latih Kompetensi yang telah ditetapkan, serta regulasi keteknikan dan kebijakan diklat berbasis kompetensi. Dalam perkembangan pembangunan di bidang ketenagalistrikan nasional, akan banyak sekali tantangan yang datang salah satunya adalah ketersediaan Sumber Daya Manusia atau Tenaga Teknik atau Tenaga Ahli yang memiliki kompetensi dalam penguasaaan teknologi sistem ketenagalistrikan baik di sub bidang pembangkitan, transmisi, distribusi, inspeksi dan pemanfaatan). Di era globalisasi ini kompetensi SDM menjadi persyaratan dan pertimbangan yang sangat penting. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Kementerian ESDM telah menetapkan kebijakan strategis untuk terwujudnya SDM kompeten di bidang energi dan sumber daya mineral khususnya ketenagalistrikan yaitu melalui Pengembangan Program Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung tanggal 24 April lalu, dihadiri oleh 80 peserta yang berasal dari Dinas ESDM, Industri, Universitas serta Asosiasi di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Sementara itu tampil sebagai pembicara ialah Husni Safruddin (Kasubdit Tenaga Teknik Ketenagalistrikan), Dra. Upik Jamil (Pusdiklat KEBTKE), Heri Budi Utomo (Poltek Negeri Bandung), Dr. Ir. Gibson Sianipar (Ketua LSK IATKI), dan Suharto (Pusdiklat PT. PLN).

Selain penyampaian materi, kegiatan seminar ini juga diisi dengan diskusi yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan Standar Latih Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan Bidang Pembangkitan Tenaga Listrik Sub Bidang Operasi dan Sub Bidang Pemeliharaan. Salah satunya terkait dengan masalah masih banyaknya penyambungan daya yang dilakukan tanpa menggunakan SLO. Menanggapi permasalahan ini, pemerintah menindaklanjuti dengan melakukan inspeksi sesuai dengan laporan yang diterima. Selain itu dalam sesi diskusi peserta sosialisasi juga mengusulkan sebaiknya dalam satu pelatihan dapat menyelesaikan beberapa kompetensi agar lebih efisien.

 

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral