Sosialisasi Standar Latih Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan Bidang Pembangkitan Tenaga Listrik Sub Bidang Operasi Dan Sub Bidang Pemeliharaan Surabaya, 13 Mei 2013

 

Dalam rangka menerapkan kompetensi tenaga teknik ketenagalistrikan bidang pembangkitan tenaga listrik, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Pusat Diklat KEBTKE) menyelenggarakan “Sosialisasi Standar Latih Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan Bidang Pembangkitan Tenaga Listrik Sub Bidang Operasi dan Sub Bidang Pemeliharaan” pada tanggal 13 Mei 2013 di Surabaya, Jawa Timur.

 

Sosialisasi yang diselenggarakan Pusat Diklat KEBTKE berhasil menjaring 95 peserta melebihi target 80 orang peserta yang berasal dari instansi pemerintah, perguruan tinggi, lembaga profesi, perusahaan swasta yang tersebar dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Kegiatan Sosialisasi ini bertujuan menyebarluaskan informasi mengenai Standar Latih Kompetensi (SLK) Tenaga Teknik Ketenagalistrikan bidang jasa pendidikan dan pelatihan tenaga listrik sub bidang operasi dan sub bidang pemeliharaan sehingga diharapkan diperoleh kesamaan persepsi dalam pemahaman kompetensi personil, pemanfaatan standar latih kompetensi tenaga teknik ketenagalistrikan sub bidang operasi dan sub bidang pemeliharaan. Acara sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Kepala Pusat Diklat KEBTKE, Ir. Munir Ahmad.

Sosialisasi dibagi menjadi 2 sesi, pembicara pada sesi pertama adalah Husni Safruddin, S.T., M.T. (Ditjen Ketenagalistrikan) dengan materi Regulasi Keteknikan Bidang Ketenagalistrikan, Drs. M. Moedjiman (Dewan Pelatihan Kerja Nasional) dengan materi Program Diklat Berbasis Kompetensi. Pembicara pada sesi kedua adalah Ir. Heri Budi Utomo (Politeknik Negeri Bandung) denga materi Penyusunan Standar Latih Kompetensi Bidang Ketenagalistrikan, Dr. Gibson Sianipar (Ikatan Ahli Teknik Ketenagalistrikan Indonesia) dengan materi Sertifikasi Kompetensi Bidang Ketenagalistrikan, dan yang terakhir Suharto (Pusdiklat PT. PLN) dengan materi Penerapan Standar Latih Kompetensi dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Bidang Ketenagalistrikan. Dalam acara tersebut, tercatat beberapa point penting, yaitu :

1. Kompetensi terdiri dari komponen KSA, yang keseluruhannya dapat diukur sesuai dengan bidangnya masing-masing.

2. Standar kompetensi yang sudah ditetapkan dan diberlakukan sebagai standar wajib diturunkan menjadi SLK.

3. Setiap tenaga teknik yang bekerja dibidang ketenagalistrikan wajib memiliki sertifikat kompetensi.

4. Setiap orang atau tenaga teknik boleh saja mengambil sertifikat dari lembaga seperti BNSP atau LPJK, namun khusus dibidang ketenagalistrikan, sertifikasinya harus mengacu kepada standar yang ada di Kementerian ESDM yang su

Sosialisasi berakhir hingga pukul 16.00 WIB ditutup oleh Kepala Pusat Diklat KEBTKE yang diwakili oleh Kepala Bidang Program dan Kerja Sama, Dra. Upik Jamil.

 

 

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral