• Idul Fitri

Pameran Apkasi International Trade And Investment Summit 2013

Dalam rangka memberi sorotan dalam lebih pada potensi daerah, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menggelar APKASI International Trade and Investment Summit (AITIS) 2013. Bertajuk “Menjangkau Daya Saing Sektoral dalam Ekonomi Global”, pameran perdagangan dan investasi ini mengekpos 175 Pemerintah Kabupaten, 7 Pemerintah Kota dan 5 Pemerintah Provinsi selama 3 hari di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta.

Acara yang digelar pada tanggal 15 s.d. 17 Mei 2013 ini dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa.  Dalam sambutannya, Hatta Rajasa menekankan pentingnya acara ini sebagai ajang meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daya saing daerah. “Saya optimis terhadap pertumbuhan ekonomi di Tanah Air dan berharap agar AITIS 2013 ini dapat berkembang menjadi ajang internasional.” tegas Hatta Rajasa.

Sementara itu, Ketua Umum APKASI, Isran Noor sebelumnya menyampaikan kepada Menteri bahwa selama Pameran berlangsung APKASI telah berhasil menjalin kerja sama dengan investor besar di beberapa bidang. Penjajagan kerja sama tersebut dilakukan melalui penandatanganan MoU dengan beberapa mitra strategis, forum Usaha Kecil Menengah (UKM) negara lain, Asosiasi Pengusaha Singkong Indonesia dan pihak lainnya. “Tujuan kerja sama tersebut adalah untuk meningkatkan ekonomi daerah, meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi daerah,” kata Isran yang juga Bupati Kutai Timur (Kutim) ini. Dijelaskan lebih jauh, kegiatan ini juga merupakan upaya APKASI untuk memfasilitasi kepentingan para anggotanya, serta implementasi peran APKASI sebagai mitra strategis pemerintah dalam menyukseskan program Master Plan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

AITIS 2013 diikuti oleh 229 peserta, yang menempati 345 lokasi pameran yang salah satunya adalah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Pusat Diklat KEBTKE) yang tergabung dalam stand Kementerian ESDM. Pada kesempatan kali ini, Pusat Diklat KEBTKE menjadikan APKASI International Trade and Investment Summit 2013 sebagai sarana promosi program diklat yang akan diselenggarakan Pusat Diklat KEBTKE guna menjaring peserta dari berbagai kalangan. Selain Pusat Diklat KEBTKE, juga terdapat Satuan Kerja lainnya yaitu Pusdiklat Migas, Pusdiklat Minerba, Pusdiklat Geologi, PTK Akamigas, Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT), Balitbang ESDM dan Sekjen ESDM juga turut berpatisipasi menyebarkan informasi melalui video profile, banner, leaflet, booklet dan majalah.

Pusat Diklat KEBTKE berharap agar keikutsertaannya dalam pameran kali ini dapat menjalin sebuah kerja sama dan interaksi yang efektif bagi pengguna jasa diklat di sektor Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. Selain pameran, juga dilaksanakan promosi kesenian dan kebudayaan.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral