Seminar Penghematan Energi dan Air, (Bandung, 28 Mei 2013)


Mempertimbangkan dan memahami keberlangsungan masa depan sumber-sumber energi tentunya harus dilakukan sejak dini. Hal ini bertujuan agar di masa mendatang, generasi kini tidak mengkonsumsi energi secara berlebihan yang berakibat akan terjadinya krisis atau kepunahan energi.

Hal ini pula yang ingin disampaikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Pusat Diklat KEBTKE) yang pada tanggal 28 Mei 2013 melaksanakan Seminar Penghematan Energi dan Air yang dilaksanakan di Hotel Gumilang Regency, Bandung. Tujuan dari program seminar ini adalah untuk mendukung Program Pemerintah Penghematan Energi dan Air dengan jalan pemberdayaan Aparatur dan masyarakat yang memiliki kemampuan melakukan pengelolaan sumber daya energi dan kemampuan di bidang pengelolaan energi dan air yang efektif dan efisien.

Seminar yang dihadiri sebanyak 80 peserta ini dibuka oleh Kepala Pusat Diklat KEBTKE yang diwakili oleh Kepala Bidang Program dan Kerja Sama, Dra. Upik Jamil. “Melalui kegiatan seminar selama satu hari ini diharapkan dapat saling bertukar informasi, pengetahuan dan teknik mengenai bagaimana mengimplementasikan manajemen energi dan air, kiat-kiat penghematan energi dan air sehingga target konservasi energi dan air dapa

t tercapai dan dapat menjadikan penghematan energi dan air sebagai budaya.” imbuh Dra. Upik Jam

il.

Pemaparan materi dalam dalam seminar kali ini disampaikan oleh beberapa pembicara yaitu, Ir. Edi Sartono (Ditjen EBTKE

), Ir. Parlindungan Marpaung (HAKE), Ir. Erick Hutrindo, M.T. (Pusat Diklat KEBTKE), Endang Widayati, S.T. (P

usat Diklat KEBTKE). Selain penyampaian materi, kegiatan seminar ini juga diisi dengan diskusi yang membahas masalah penghematan energi terutama pada bangunan gedung dan industri. Dalam hal ini, pemerintah diminta turun langsung dalam mendukung program Penghematan Energi dan Air terlebih lagi kepada anak-anak usia dini.

Selain aparatur, kegiatan Seminar ini juga diikuti peserta yang berasal dari industri, universitas, sekolah serta asosiasi yang berada di sekitar Bandung, Jawa Barat.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral