Training Community Based Micro Hydro Development for ASEAN Member Countries

Pusdiklat KEBTKE bekerja sama dengan NAM-CSSTC dan ASEAN Foundation, menyelenggarakan Diklat yang bertajuk Training Community Based Micro Hydro Development for ASEAN Member Countries.  Pelatihan tersebut dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 5 – 11 Juni 2013 dan dibuka oleh SAM Bidang Komunikasi Sosial dan Kemasyarakatan, Ir. Ronggo Kuncahyo serta dihadiri oleh Direktur NAM – CSSTC, Linggawaty Hakim dan Direktur ASEAN Foundation, Dr. Makarim Wibisono.

 

 

Pelatihan yang bertujuan memberikan pengetahuan secara komprehensif mengenai PLTMH dalam konteks pembangunan energi di Indonesia ini dihadiri oleh 16 peserta yang berasal dari perwakilan negara ASEAN, yaitu Malaysia, Singapura, Kamboja, Indonesia, Laos, Myanmar, Pilipina, Thailand dam Vietnam.

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini mencakup Basic Knowledge of Micro Hydro Power, Technical Engginering of MHP, Financial Aspect of MHP, Sosial and Economic Aspect of MHP, Field Study, Preparation of Action Plan, Presentation of Action Plan, dan Post Training Collaboration.

Selain diberikan teori, dalam pelatihan ini peserta juga diajak untuk terjun langsung ke lapangan yaitu dengan melakukan kunjungan ke PLTMH Seloliman. Pengajar dalam pelatihan ini melibatkan tenaga ahli dari Asosiasi Hidro Bandung, GIZ dan Praktisi Micro Hydro.

Diklat Training Community Based Micro Hydro Development for ASEAN Member Countries berakhir pada hari Selasa, 11 Juni 2013 dan ditutup oleh Asisten Direktur NAM – CSSTC, Bapak Rofii’e. Acara penutupan pelatihan Micro Hydro tersebut juga dihadiri oleh pejabat eselon  IV dilingkungan Pusat Diklat KEBTKE, Instruktur, Panitia baik dari Kemenlu maupun Pusat Diklat KEBTKE dan peserta pelatihan. Selain itu dalam acara penutupan, panitia juga memberikan sertifikat kepada peserta dan Instruktur yang telah menyampaikan materi pelatihan.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral