Seminar Penghematan Energi Dan Air, Bali 5 Juli 2013

 

Dalam rangka mensosialisasikan Inpres No 13 Tahun 2011 tentang Penghematan Energi dan Air, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Pusat Diklat KEBTKE) melalui bidang Program dan Kerjasama kembali menyelenggarakan Seminar Penghematan Energi dan Air.

Seminar yang kali ini diselenggarakan tanggal 5 Juli 2013 di Denpasar, Bali bertujuan untuk mendukung Program Pemerintah Penghematan Energi dan Air dengan jalan pemberdayaan Aparatur dan masyarakat yang memiliki kemampuan melakukan pengelolaan sumber daya energi dan kemampuan di bidang pengelolaan energi dan air yang efektif dan efisien.

 

 

Ir. Putu Agus Budiana, Msi Kabid ESDM Dinas PU Provinsi Bali mewakili Kepala Pusat Diklat KEBTKE membuka seminar yang dihadiri oleh 80 peserta ini. Melalui sambutannya Ir. Putu Agus Budiana menyampaikan bahwa upaya penghematan energi dan air merupakan tanggung jawab kita semua dan melalui kegiatan seminar ini diharapkan dapat menjadi jembatan untuk saling tukar informasi, pengetahuan dan teknik mengenai kiat-kiat penghematan energi dan air.

Pemaparan materi dalam seminar kali ini disampaikan oleh beberapa pembicara yaitu Ir Parlindungan Marpaung (Pusdiklat KEBTKE) membawakan materi Manajer Energi, Ir. Titovianto Widyantoro (Pusdiklat KEBTKE) membawakan materi Peraturan Perundang- undangan Mengenai Penghematan Energi dan materi Kiat- Kiat Penghematan Energi, dan Endang Widayati, ST., MT. (Pusdiklat KEBTKE) Kiat- Kiat Penghematan Air. Selain itu seminar yang berlangsung satu hari ini dimoderatori oleh Ir. Zendra Permana Zen (HAKE) dan Ahmad Khulaemi, S.Pd (Pusdiklat KEBTKE)

Selain penyampaian materi, seminar ini juga diisi dengan diskusi yang membahas masalah penghematan energi dan air. Dalam sesi diskusi, para peserta sangat aktif menyampaikan pertanyaan atau pendapatnya yang berkaitan dengan masalah penghematan energi dan air.

Diharapkan setelah mengikuti seminar peserta dapat merubah sikap, perilaku dan cara berpikir untuk membudayakan hemat energi dan air dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, para peserta juga diharapkan dapat menginformasikan kembali apa yang telah disampaikan dalam seminar kepada teman atau keluarganya. Dengan demikian harmonisasi antara energi dan lingkungan dapat terwujud melalui penghematan sumber energi dan air.

 

Lihat Galery Foto Kegiatan

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral