Seminar on Electrical Safety Inspection pada tanggal 21 s.d. 22 November 2013

 

Sebagai Imlementasi MoU antara Badan Pendidikan dan Pelatihan Energi dan Sumber Daya Mineral (Badan Diklat ESDM) dengan Korean Electrical Safety Corporation (KESCO) tentang “Kerja sama mengenai pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Inspeksi Keselamatan Ketenagalistrikan”, Pusat Diklat KEBTKE bekerja sama dengan KESCO mengadakan Seminar on Electrical Safety Inspection pada tanggal 21 s.d. 22 November di Mercure Kuta Beach Hotel, Bali.

Seminar yang dibuka oleh Kepala Pusat Diklat KEBTKE, Ir. Munir Ahmad bertujuan untuk menyebarkan informasi mengenai Inspeksi Keselamatan Ketenagalistrikan baik di Indonesia maupun di Korea Selatan. Tampil sebagai pembicara pada hari Kamis, 21 November 2013 di sesi I adalah Ferry Triansyah, S.T. (Ditjen Ketenagalistrikan), Pyo Jung Jae (KESCO) dan moderator Ir. Kansman Hutabarat (HAKE). Di sesi ke II, tampil sebagai pembicara adalah Ir. Miftahul Jannah, M.M. (PLN Jasa Sertifikasi), Ir. Sahala T. Sinaga ( KONSUIL), Ir. Edy Sayudi (PPILN), Ir. Rudy Trijanto, M.M., M.B.A. (PT. Masaryo Gatra Nastiti) dan moderator Ir. JM. Sihombing (Pusat Diklat KEBTKE). Pada hari Jum’at, 22 November 2013, tampil sebagai pembicara adalah Wahid P. Nugroho, S.T. (Ditjen Ketenagalistrikan), Jun Ki Joung (KESCO) dan moderator Ir. Zendra Permana Zen (HAKE).

Seminar tersebut dihadiri 75 orang peserta yang berasal dari Dinas ESDM Provinsi, Perusahaan Bidang Ketenagalistrikan, Asosiasi atau Praktisi Bidang Ketenagalistrikan, Lembaga Inspeksi Teknik dan Perguruan Tinggi. Selain penyampaian materi, kegiatan seminar ini juga diisi dengan sesi diskusi membahas beberapa permasalahan di bidang Inspeksi Tenaga Listrik, diantaranya :

  1. Pelaksanaan inspeksi di Indonesia berbeda dengan Korea dimana kewenangan tersebut dilimpahkan sepenuhnya kepada KESCO sebagai Lembaga Inspeksi yang juga bertanggung jawab kepada Pemerintah Korea/MOTI, sementara di Indonesia pelaksanaan Inspeksi Ketenagalistrikan tersebut terdistribusi kepada Badan Independen tetapi tetap dalam pengawasan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
  2. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian ESDM telah memberikan akreditasi kepada 22 perusahaan sebagai Lembaga Inspeksi Teknis dalam pelaksanaan Inspeksi Ketenagalistrikan untuk bidang Pembangkitan, Transmisi, Distribusi dan Pemanfaatan Tenaga Listrik.
  3. Masih banyak tantangan yang harus dihadapi, mengingat luasnya wilayah Indonesia dan sangat tersebarnya konsumen tenaga listrik ditambah lagi masih belum optimalnya kemampuan tenaga teknik dalam pelaksanaan inspeksi dan pengawasan tersebut. Untuk itu juga dibutuhkan sangat banyak tenaga teknik kompeten serta program pelatihan khusus di bidang pelaksanaan inspeksi dan pengawasan.

Melalui kegiatan seminar ini diharapkan dapat tersebarnya informasi secara menyeluruh tentang bagaimana kebijakan dan regulasi keselamatan ketenagalistrikan serta bagaimana mekanisme pelaksanaan Uji Laik Operasi di kedua negara. Selain itu, diharapkan seminar ini dapat menjadi jembatan bagi kita semua untuk saling bertukar informasi, pengetahuan dan teknik bagaimana pelaksanaan Keselamatan Ketenagalistrikan.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral