PPSDM KEBTKE MENYELENGGARAKAN BIMBINGAN TEKNIS  PENGELOLAAN LIMBAH LUMPUR BOR DAN SERBUK BOR PADA PE

" PPSDM KEBTKE MENYELENGGARAKAN BIMBINGAN TEKNIS  PENGELOLAAN LIMBAH LUMPUR BOR DAN SERBUK BOR PADA PE "
davin

Dalam rangka pembinaan dan pengawasan terhadap Badan Usaha atas kegiatan pengelolaan Limbah Lumpur Bor dan Serbuk Bor, Kementerian ESDM menerbitkan Peraturan Menteri Nomor 21 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Limbah Lumpur bor dan Serbuk Bor pada Pengeboran Panas Bumi.  Kegiatan pengelolaan lumpur dan serbuk bor ini dilakukan untuk mencegah, menanggulangi, dan/atau memulihkan kemungkinan terjadinya pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan akibat pengeboran panas bumi.

Badan Usaha wajib menyampaikan rencana pengelolaan limbah lumpur bor dan serbuk bor sebelum melakukan kegiatan pengeboran yang meliputi program pengeboran panas bumi, rencana pengangkutan, rencana penampungan sementara, dan rencana pengelolaan. Kewajiban penyusunan dan pelaporan pengelolaan limbah dan lumpur bor ini harus disertai dengan kompetensi SDM yang memadahi sehingga tujuan dari pengelolaan limbah lumpu bor dan serbuk bor dapat tercapai dengan baik.

Bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi stakeholder panas bumi terhadap penyusunan dan pelaporan pengelolaan limbah bor dan lumpur bor maka Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Limbah Lumpur Bor dan Serbuk Bor Pada Pengeboran Panas Bumi Sesuai Peraturan Menteri ESDM No. 21/2017. Bimbingan Teknis : pengelolaan limbah lumpur bor dan serbuk bor pada pengeboran panas bumi diselenggarakan pada tanggal 26-27 Februari 2020 dengan jumlah peserta 19 orang  perwakilan dari PGE, Sarulla, Geodipa, Star Energy,Sumbawa Timber Mining bertempat di Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah.

Laode Sulaeman selaku Kepala PPSDM KEBTKE berharap setelah mengikuti Bimbingan Teknis ini peserta mampu melakukan penyusunan dan pelaporan pengelolaan limbah bor dan lumpur bor sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga tujuan pengelolaan limbah mencegah, menanggulangi, dan/atau memulihkan kemungkinan terjadinya pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan akibat pengeboran panas bumi dapat tercapai.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi

COME & JOIN US!!!

PPSDM KEBTKE CEPAT CERMAT PRODUKTIF
YOUR FUTURE ENERGY PARTNER
Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:
Sdr. Nico HP. 08118123490 
Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id
Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id
(SA)


Penerbit : davin - 2020-02-27 19:27:52
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.