SHARING SESSION SARANA PENGEMBANGAN KAPASITAS SDM PPSDM KEBTKE

" SHARING SESSION SARANA PENGEMBANGAN KAPASITAS SDM PPSDM KEBTKE "
sri asih

Jum'at, 17 April 2020

Sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan budaya belajar dan berkembang dalam kompetensi teknikal dan manajerial pegawainya, PPSDM KEBTKE menyelenggarakan Sharing Session “Pengantar Analisa Risiko untuk Proyek Investasi” kegiatan diselenggarakan pada tanggal 17 April 2020, diikuti oleh 40 orang peserta dari internal lingkungan PPSDM KEBTKE dengan narasumber Kepala Pusat PPSDM KEBTKE, Laode Suleman.

Materi yang disampaikan pada pelaksanaan sharing session ini Konsep Resiko, Analisa Resiko, Resiko Proyek Investasi, Monte Carlo Analysis.

Analisis Risiko Finansial Dengan Metode Simulasi Monte Carlo, pada  dasarnya  adalah  untuk  memperoleh  keuntungan  dan memperkaya pemilik perusahaan. Hal ini dapat diwujudkan dengan perkembangan dan pencapaian kinerja yang baik dalam perspektif keuangan maupun  operasional. Namun dalam realitanya, tidak semua perusahaan dapat mencapai kinerja dengan baik. Hal ini dapat mengancam ketercapaian tujuan dan eksistensi perusahaan.

Untuk  mendapatkan  gambaran  tersebut,  maka  dilakukan  penelitian  dengan menggunakan pendekatan Simulasi  Monte  Carlo. Hal ini disebabkan, Simulasi Monte Carlo mengakomodasi  pendekatan  secara  probabilistik.  Simulasi Monte Carlo  yang dilakukan akan memproyeksi kinerja finansial perusahaan yang diukur dengan nilai profit perusahaan dengan mengakomodasi variabel-variabel yang tidak terkendali, seperti nilai tukar mata uang dalam biaya  produksi, dan  data permintaan/volume  produksi bulanan perusahaan.

Konsep resiko akibat atau konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang, Dalam bidang asuransi, risiko dapat diartikan sebagai suatu keadaan ketidakpastian, di mana jika terjadi suatu keadaan yang tidak dikehendaki dapat menimbulkan suatu kerugian.

Analisa Monte Carlo merupakan suatu model pendekatan kuantitatif dengan memanfaatkan modul-modul matematika statistik dalam menafsirkan resiko dengan penggambaran rentang probabilitas atau adanya suatu tingkat ketidakpastian.

Kegiatan ini dilaksanakan secara interaktif, saling mengisi dengan diskusi yang membangun tentang pentingnya pemahaman analisa resiko untuk proyek investasi.

Selanjutnya kegiatan sharing session akan berlanjut dari sesi internal menjadi terbuka bagi umum dan dengan suasana yang ringan, santai, dan kental dengan keakraban. Mungkin sesi sharing session dapat diganti dengan usulan nama; Sesi Ngopi Santai, Jelang Senja, Ngobrol Santuy, Nge-Teh Dulu, dan nama yang merelaksasi lainnya. Partner Pegiat Energy ada usulan yang pas?

Tujuan dari Sharing Session ini adalah untuk Memberikan Gambaran Dasar Analisa Risiko Kuantitatif pada Kegiatan Proyek Investasi.

Manfaat Sharing Session ini adalah peserta Peserta Mampu memahami tentang konsep dasar risiko, manajemen risiko, indikator keekonomian proyek investasi dan dasar2 analisa risiko Monte Carlo.

PPSDM KEBTKE “SIAP” menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi..

COME & JOIN US!!!

PPSDM KEBTKE CEPAT CERMAT PRODUKTIF

YOUR FUTURE ENERGY PARTNER

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdri. Rifka HP. 0877-5666-9028 / Sdr. Anggit HP. 0 852-8804-0600

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-04-17 18:45:25
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.