VIRTUAL CONFERENCE: SOSIALISASI KETATAUSAHAAN DAN KEARSIPAN MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE

" VIRTUAL CONFERENCE: SOSIALISASI KETATAUSAHAAN DAN KEARSIPAN MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE "
sri asih

VIRTUAL CONFERENCE: SOSIALISASI KETATAUSAHAAN DAN KEARSIPAN MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE

Kamis, 30 April 2020

Berdasarkan Permen PAN RB Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik, agar setiap instansi pemerintah dapat menggunakan aplikasi, dimana aplikasi terdiri atas aplikasi umum. Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik merupakan instrumen penilaian yang digunakan untuk mengukur kemajuan pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah.

Untuk melaksanakan amanat Permen PAN RB tersebut, BPSDM ESDM memiliki E-Office yang digunakan sebagai Tata Persuratan Dinas Elektronik dengan nama “Tania”, dan di lingkungan Kementerian ESDM dengan nama “Nadine”, sehubungan dengan telah diberlakukannya kedua aplikasi termaksud, maka PPSDM KEBTKE menyelenggarakan sosialisasi ketatausahaan dan Kearsipan menggunakan aplikasi Tania dan Nadine versi 2 (dua) di lingkungan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Energi dan Sumber Daya Minaral. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 30 April 2020, diikuti oleh para Pejabat eselon III, Eselon IV, dan staf terkait persuratan dinas di lingkungan PPSDM KEBTKE.

Pengenalan aplikasi Tania dan Nadine melalui tutorial penggunaannya disampaikan oleh Kepala Sub Bidang Humas dan Informasi BPSDM ESDM, Agus Sukarji, dimana telah disampaikan terlebih dahulu petunjuk awal login dan pembuatan Naskah Dinas, Skema dan privilege setiap jenjang pada alur surat keluar, skema alur surat keluar terikat dengan jenis surat, konseptor, penandatangan, dan unit organisasi penandatangan. Dalam aplikasi Nadine 2 tersedia skema surat keluar yang terdiri dari petunjuk alur surat keluar – unit sentralisasi (1), alur surat keluar – unit sentralisasi (2), Alur Nota Dinas – unit sentralisasi (1), alur nota dinas – unit sentralisasi (2), Alur Surat Keluar - Unit Desentralisasi (1), Alur Surat Keluar - Unit Desentralisasi (2), Alur Nota Dinas Es3 - Seluruh Unit (3), Alur Surat Keluar – UPT.

Tujuan Sosialisasi ini diharapkan dapat mewujudkan penyelengaraan pemerintah yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, untuk meningkatkan kolaborasi antar instasi pemerintah dalam melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan bersama. Dapat terwujudnya kualitas dan jangkauan pelayanan publik kepada masyarakat luas, dan menekan tingkat penyalahgunaan kewenangan dalam bentuk kolusi, korupsi, dan nepotisme melalui penerapan system pengawasan dan pengaduan masyarakat berbasis elektronik. Sehingga untuk mendisposisi surat dinas saat ini hanya tinggal “KLIK”.

#Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE : CEPAT-CERMAT-PRODUKTIF

YOUR FUTURE ENERGY PARTNER

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdri. Rifka HP. 0877-5666-9028 / Sdr. Anggit HP. 0 852-8804-0600

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-04-30 16:01:43
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.