DEWAN KEMAKMURAN MASJID AL – ISTIQOMAH PPSDM KEBTKE: LIVE STRAMING KAJIAN RAMADHAN - YOU TUBE

" DEWAN KEMAKMURAN MASJID AL – ISTIQOMAH PPSDM KEBTKE: LIVE STRAMING KAJIAN RAMADHAN - YOU TUBE "
sri asih

DEWAN KEMAKMURAN MASJID AL – ISTIQOMAH PPSDM KEBTKE: LIVE STRAMING KAJIAN RAMADHAN - YOU TUBE  

Jum’at, 1 Mei 2020
Minggu pertama menjalani shaum Ramadhan DKM Al-Istiqomah PPSDM KEBTKE mengadakan Kajian Ramadhan perdana yang diselenggarakan pada hari Jum’at 1 Mei 2020 pukul 12.45 sampai dengan pukul 13.45. Wib secara live straming, You Tube, Face Book. Acara ini diikuti oleh Pengurus DKM, Para pejabat beserta jajarannya di lingkungan PPSDM KEBTKE.
Acara dibuka oleh Ketua DKM Bambang Prihandoko, sebelum acara dimulai terlebih dahulu sambutan oleh Laode Suleman selaku Kepala PPSDM KEBTKE, Laode menyampaikan walaupun acara ini secara live namun kehangatan, kebersamaan tetap terjaga harmonis, dalam kondisi WFH seluruh pegawai tetap semangat, menjaga kesehatan dan silaturahmi. Harapan ke depan acara kajian Ramadhan ini tetap rutin diadakan, tambahnya.

Sebagai pembicara dalam kajian ramadhan Ustad Abdulrrahman Makatita, Lc., MA. dengan tema “SABAR DALAM MENGHADAPI MUSIBAH SERTA UJIAN DARI ALLAH, SWT” beliau menyampaikan sebagai hamba Allâh Ta’ala, semua manusia dalam kehidupan di dunia ini tidak akan luput dari berbagai macam cobaan, baik berupa kesusahan maupun kesenangan. Hal itu merupakan sunnatullâh yang berlaku bagi setiap insan, yang beriman maupun kafir.
Allâh Ta’ala berfirman:
Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya), dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan (Qs al-Anbiyâ’/21:35)

Imam Ibnu Katsîr rahimahullâh berkata:
“(Makna ayat ini) yaitu: Kami menguji kamu (wahai manusia), terkadang dengan bencana dan terkadang dengan kesenangan, agar Kami melihat siapa yang bersyukur dan siapa yang ingkar, serta siapa yang bersabar dan siapa yang berputus asa”.[1]
KEBAHAGIAAN HIDUP DENGAN BERTAKWA KEPADA ALLAH TA’ALA
Allâh Ta’ala dengan ilmu-Nya yang Maha Tinggi dan hikmah-Nya yang Maha Sempurna menurunkan syariat-Nya kepada manusia untuk kebaikan dan kemaslahatan hidup mereka. Oleh karena itu, hanya dengan berpegang teguh kepada agama-Nyalah seseorang bisa merasakan kebahagiaan hidup yang hakiki di dunia dan akhirat.
SIKAP SEORANG MUKMIN DALAM MENGHADAPI MASALAH

Seorang Mukmin dengan ketakwaannya kepada Allâh Ta’ala, memiliki kebahagiaan yang hakiki dalam hatinya, sehingga masalah apapun yang dihadapinya di dunia ini tidak akan membuatnya mengeluh atau stres, apalagi berputus asa. Hal ini disebabkan keimanannya yang kuat kepada Allâh Ta’ala membuat dia yakin bahwa apapun ketetapan yang Allâh Ta’ala berlakukan untuk dirinya maka itulah yang terbaik baginya.
Dengan keyakinannya ini pula Allâh Ta’ala akan memberikan balasan kebaikan baginya berupa ketenangan dan ketabahan dalam jiwanya. Inilah yang dinyatakan oleh Allâh Ta’ala dalam firman-Nya:
Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa (seseorang) kecuali denga izin Allâh; barang siapa yang beriman kepada Allâh, niscaya Dia akan memberi petunjuk ke (dalam) hatinya. Dan Allâh Maha Mengetahui segala sesuatu
(Qs at-Taghâbun/64:11)

Inilah sikap seorang Mukmin yang benar dalam menghadapi musibah yang menimpanya.
Di samping sebab-sebab di atas, ada lagi faktor lain yang bisa meringankan semua kesusahan yang dialami seorang Mukmin di dunia ini, yaitu merenungi dan menghayati hikmah-hikmah agung yang Allâh Ta’ala jadikan dalam setiap ketentuan yang terjadi pada hamba-hamba-Nya yang beriman dan bertakwa. Dengan merenungi hikmah-hikmah tersebut, seorang Mukmin akan semakin yakin bahwa semua cobaan yang menimpanya pada hakikatnya adalah kebaikan bagi dirinya, untuk menyempurnakan keimanannya dan semakin mendekatkan diri-Nya kepada Allâh Ta’ala.
Semua ini, di samping akan semakin menguatkan kesabarannya, juga akan membuatnya selalu bersikap husnuzh zhann (berbaik sangka) kepada Allâh Ta’ala dalam semua musibah dan cobaan yang menimpanya.

Allâh Ta’ala menjadikan musibah dan cobaan tersebut sebagai sebab untuk menyempurnakan penghambaan diri dan ketundukan seorang Mukmin kepada-Nya, karena Allâh Ta’alamencintai hamba- Nya yang selalu taat beribadah kepada-Nya dalam semua keadaan, susah maupun senang.
Sebagai seorang muslim jadilah kamu di dunia ini seperti orang asing atau orang yang sedang melakukan perjalanan. Alhamdulillah kita masih dapat diberi kesempatan untuk mengadakan acara ini walaupun dari rumah namun mendapatkan nikmat yang luar biasa.
Sebelum acara ditutup Jemaah dipersilahkan untuk mengajukan tanya jawab terlebih dahulu, sehingga membuat suasana tambah lebih hangat.
Acara diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ust. Abdulrrahman Makatita.
“Selamat menjalankan ibadah puasa Marhaban ya Ramadhan 1441 H”

Semoga pada akhir bulan Ramadan, kita memetik kemenangan dan kesucian.
 
PPSDM KEBTKE CEPAT CERMAT PRODUKTIF
YOUR FUTURE ENERGI PARTNER
(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-05-02 05:00:18
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.