PELATIHAN DARING PENGENALAN PANAS BUMI PPSDM KEBTKE

" PELATIHAN DARING PENGENALAN PANAS BUMI PPSDM KEBTKE "
sri asih

PELATIHAN DARING PENGENALAN PANAS BUMI PPSDM KEBTKE

Senin, 4 Mei 2020

PPSDM KEBTKE menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Teknis “Pengenalan Panas Bumi (Sistem Distance Learning)”, dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2020, jumlah peserta 15 orang yang terdiri dari Direktorat Ketenagalistrikan, PT PLN Tarakan, Fresh Graduate, Personal, Dinas Energi dan Sumber Daya Manusia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sekolah Tinggi Teknologi Migas, PT. Pama Persada Nusantara, PT Bhinasena Power Indonesia, Nanyang Technological University/School of Electrical & Electronic Engineering, STT Minyak dan Gas Bumi Balikpapan, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Dinas Energi dan Sumber Daya Manusia Provinsi Jambi, Universitas Jenderal Soedirman.

Kegiatan Pelatihan adalah salah satu bentuk manifestasi perusahaan untuk mencapai kesuksesan, bersama PPSDM KEBTKE para karyawan berkesempatan untuk memperoleh pengetahuan dan wawasan baru, serta mampu meningkatkan kemampuan terbaik bagi tenaga teknik sesuai bidangnya, yang akhirnya akan mampu meningkatkan performa dan produktifitas di tempat bekerja.

Materi yang disampaikan terdiri dari Pengetahuan Dasar Panas Bumi, Pemanfaatan Panas Bumi, Job Safety Analysis (JSA).

Tujuan pelatihan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang mampu menjelaskan tentang pengenalan panas bumi.

Manfaat setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan peserta diharapkan memahami: pengetahuan dasar panas bumi, pemanfaatan panas bumi; dan Job Safety Analysis (JSA), serta memahami pengetahuan dasar panas bumi.

Laode Sulaeman selaku Kepala PPSDM KEBTKE menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia mempunyai impian besar terhadap pengembangan sumber energi berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT). Bukan hal yang mustahil bauran EBT khususnya Energi Terbarukan (ET) akan melejit mengungguli negara-negara lain mengingat Indonesia memiliki potensi energi terbarukan dari ujung barat hingga ujung timur negeri. Indonesia mencanangkan perkiraan target bauran energi terbarukan sebesar 23% di tahun 2025 sulit untuk direalisasikan lantaran pertumbuhan ekonomi nasional bergerak stagnan di angka 5 persen setiap tahun. Sebaliknya, bauran energi dari minyak bumi pada tahun 2050 diturunkan separuhnya dari saat ini 40%. Energi ini dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan energi listrik dan dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak (BBM) sebagai sumber tenaga listrik. Kebijakan pemanfaatan energi geothermal secara serius akan dapat mengatasi krisis listrik yang saat ini sangat menghantui masyarakat Indonesia. Untuk pengembangan Geotermal dibutuhkan investasi yang besar, penyiapan teknologi eksplorasi dan produksi, manajemen, penyediaan sumber daya manusia yang kompeten dengan jumlah yang cukup, serta dukungan iklim investasi yang menarik bagi investor.

Laode mengatakan setelah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan ini peserta mampu memahami pengetahuan dasar panas bumi, serta dapat menghasilkan sumber daya manusia yang mampu menjelaskan tentang pengenalan panas bumi.

PPSDM KEBTKE saat ini telah menjadwalkan beberapa kegiatan pelatihan yang terdiri dari distance learning Pemanfaatan EBT PLTMH & PLTB yang dilaksanakan pada tanggal 14 – 15 Mei 2020, Distance Learning Implemntasi Manajemen Energi pada Gedung Kantor Pemerintah dilaksanakan pada tanggal 11 – 12 Juni 2020, kepada pengelola kantor pemerintah badan usaha/industri yang bergerak di Bidang Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi dapat bergabung untuk sesi berikutnya sesuai kebutuhan, imbuhnya.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

CEPAT CERMAT PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdri. Rifka HP. 0877-5666-9028 / Sdr. Anggit HP. 0 852-8804-0600

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-05-04 10:40:02
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.