PELATIHAN DARING PT PLN-T DI PPSDM KEBTKE

" PELATIHAN DARING PT PLN-T DI PPSDM KEBTKE "
sri asih

Senin, 11 Mei 2020

PPSDM KEBTKE menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Teknis “Pengoperasian Gardu Induk”, dilaksanakan pada tanggal 11 sampai dengan 12 Mei 2020, jumlah peserta 10 orang. Pelatihan perdana live zoom yang bekerjasama antara PPSDM KEBTKE dengan PT. Pelayanan Listrik Nasional Tarakan salah satu perseroan terbatas yang memiliki kegiatan usaha sebagai penyedia jasa operasional dan pemeliharaan pembangkitan, operasi dan pemeliharaan transmisi dan distribusi tenaga listrik, pelayanan pelanggan serta kegiatan ketenagalistrikan lainnya.

Materi yang disampaikan terdiri dari Regulasi Ketenagalistrikan, Komponen dan Sistem Gardu Induk (Sesi I), Komponen dan Sistem Gardu Induk (Sesi II), Komponen dan Sistem Gardu Induk (Sesi III), Praktik Pengoperasian Gardu Induk, Praktik Pengoperasian Gardu Induk Pengerjaan Tugas Praktek (Mandiri), Ujian (Post Test).

Laode Sulaeman selaku Kepala PPSDM KEBTKE menyampaikan bahwa kegiatan ini kegiatan perdana daring, salah satu implementasi kerjasama terkait kegiatan pengembangan sumber daya manusia bidang ketenagalistrikan dengan PT PLN Tarakan. Bahwa Pengoperasian Gardu Induk adalah segala kegiatan yang mencakup pengaturan, pembagian, pemindahan, dan penyaluran tenaga listrik kepada konsumen secepat mungkin serta menjamin kelangsungan penyaluran/pelayanan.

Tolok ukur kinerja pengoperasian gardu induk sebagai tolok ukur keberhasilan pada 2 hal pengoperasian mutu listrik yaitu tegangan dan frekwensi. Sesuai dengan regulasi yang ada, RUPTL akan selalu dievaluasi secara berkala untuk disesuaikan dengan perubahan beberapa parameter kunci yang menjadi dasar penyusunan rencana pengembangan sistem kelistrikan. Dengan demikian RUPTL selalu dapat menyajikan rencana pengembangan sistem yang mutakhir dan dapat dijadikan sebagai pedoman implementasi proyek-proyek kelistrikan. Indikator kemajuan ekonomi suatu negara diukur dari konsumsi energi per kapita, dengan mengoptimalkan listrik yang tersedia, ekonomi Indonesia akan semakin meningkat.

Perbandingan tarif listrik Negara Asean Per Januari 2020, posisi Indonesia dalam tarif untuk industri TT merupakan yang terendah. Sedangkan untuk Industri TM, tarif di Indonesia berada urutan terendah kedua setelah Vietnam.

Realisasi konsumsi listrik per kapita pada 2019 sebesar 1.084 per kWh per kapita. Tahun 2020 ditargetkan meningkat menjadi 1.142 per kWh per kapita kemudin ditargetkan terus meningkat ?hingg 1.408 per kWh per kapita. Target konsumsi listrik per kapita terus ditingkatkan, sebab konsumsi listrik Indonesia masih tertinggal dibanding negara Asia Tenggara yang maju.

Untuk memenuhi tuntutan dari kebutuhan akan sertifikasi kompetensi, maka peserta  mengikuti pelatihan terlebih dahulu, oleh karena itu sebelum kegiatan sertifikasi peserta memerlukan pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pengoperasian gardu induk. Semoga dengan pembekalan pelatihan ini peserta mendapatkan uji kompetensi yang memuaskan, katanya.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

CEPAT CERMAT PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdri. Rifka HP. 0877-5666-9028 / Sdr. Anggit HP. 0 852-8804-0600

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-05-11 12:19:24
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.