ANTUSIASME DALAM PELATIHAN DARING INSTALASI RUMAH TINGGAL PPSDM KEBTKE

" ANTUSIASME DALAM PELATIHAN DARING INSTALASI RUMAH TINGGAL PPSDM KEBTKE "
sri asih

Selasa, 12 Mei 2020

PPSDM KEBTKE menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Teknis “Instalasi Listrik Rumah Tinggal (Sistem Distance Learning)”, dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2020, jumlah peserta 19 orang yang terdiri dari Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Provinsi Riau, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Lampung, Dinas Energi Dan Sumber Daya Provinsi Jambi, Dinas Cipta Karya, Balai Pendidikan dan Pelatihan Tambang Bawah Tanah, UIN Sunan Gunung Djati, LPP, Sekolah Tinggi Teknologi Migas, Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Serang, PT Pama Persada Nusantara, Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi Balikpapan, POLINEMA, Universitas Halu Oleo, Mahasiswa Politeknik Negeri Malang, Universitas Bina Darma, PT. Bajamas Mulia Development, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Nanyang Technological University / School of Electrical & Electronic Engineering.

Laode Sulaeman selaku Kepala PPSDM KEBTKE menyampaikan sangat bangga dikarenakan peserta pelatihan saat ini dari berbagai penjuru ada dari kantor Dinas, Badan Usaha, Perguruan Tinggi, Mahasiswa, dan yang lebih membanggakan lagi sudah beberakali dari Nanyang Technological University / School of Electrical & Electronic Engineering mengikuti kegiatan distance Learning di PPSDM KEBTKE.

Kita bicara masalah ketenagalistrikan, tak heran konsumsi atau pemanfaatan tenaga listrik terus meningkat setiap tahun. Dalam sewindu (2011 – 2019) ini, saya melihat ada peningkatan konsumsi cukup signifikan, jika mendasarkan pada rata-rata penduduk Indonesai yang mengonsumsi, maka tahun 2011 tercatat sebesar 740 kWh/kapita. Memasuki tahun 2012 konsumsi naik menjadi 790 kWh/kapita dan tahun 2018 sebesar 1.064 kWh/kapita. Tahun 2019 Kementerian ESDM manrgetkan sebesar 1.200 kWh/kapita. Jadi, rata-rata kenaikan sekitar 9% per tahun, melebihi pertumbuhan rata-rata ekonomi nasional, dan pertumbuhan tetap ada sekalipun pertumbuhan beberapa tahun terakhir berhenti di sekitar 5% per tahun.

Meski kecenderungan konsumsi listrik Indonesia per kapita dari tahun ke tahun naik, apabila dibandingkan dengan negara-negara tetangga, tingkat konsumsi per kapita listrik di Indonesia masih tertinggal jauh.

Adapun kalau melihat tren konsumsi secara umum selama periode 2011 – 2018, pertumbuhannya rata-rata 51,1% per tahun. Dari jumlah tersebut, pemakai terbesar dari kelompok pelanggan rumah tangga sebesar 64.581 TWh, disusul industri sebesar 54.232 TWh. Konsumsi Rumah tangga tetap mendominasi sebesar 71.554 TWh dan industri 59.635 TWH. Pertumbuhan tertinggi pada tahun 2014 hingga 7,8 persen atau sebesar 185.535 TWh.

Masih kecilnya konsumsi di sektor industri menjadi salah satu hambatan dalam investasi karena konsumsi rumah tangga masih dominan, padahal harga listrik rumah tangga masih diintervensi pemerintah.

Harapan kami setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu memahami instalasi listrik rumah tinggal, memperkaya wawasan, dan dapat mengimplementasikan di rumah sehari-hari.

Respon peserta yang berasal dari ragam latar belakang profesi terhadap pelatihan sangat baik, peserta memberikan atensi besar dalam berdiskusi tentang kompetensi yang dibagikan bersama oleh fasilitator pelatihan.

Materi yang disampaikan terdiri dari Teori Dasar Listrik Instalasi Rumah Tinggal, Instalasi Listrik Rumah Tinggal, Pemeriksaan Instalasi Listrik.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT CERMAT PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdri. Rifka HP. 0877-5666-9028 / Sdr. Anggit HP. 0 852-8804-0600

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-05-12 10:52:41
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.