MIKROHIDRO DAN BAYU: ALTERNATIF PEMANFAATAN ENERGI BARU TERBARUKAN

" MIKROHIDRO DAN BAYU: ALTERNATIF PEMANFAATAN ENERGI BARU TERBARUKAN "
sri asih

Kamis, 14 Mei 2020

PPSDM KEBTKE menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Teknis “Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) dan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).” dilaksanakan pada tanggal 14 - 15 Mei 2020, jumlah peserta 40 orang yang terdiri dari ASN di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya.

Adapun materi yang disampaikan terdiri dari Kebijakan dan Regulasi Terkait EBT, Pengenalan PLTMH, Komponen-Komponen PLTMH, PLTMH dan Pengelolaannya, Pengenalan PLTB, PLTB dan Pengelolaannya. Setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu memahami kebijakan dan regulasi terkait EBT, pengenalan PLTMH, komponen-komponen PLTMH, PLTMH dan pengelolaannya, pengenalan PLTB, PLTB dan pengelolaannya. Materi pembelajaran disusun secara sistematis sesuai konteks dari pembelajaran, dan keseluruhan topik yang dibahas dalam pelatihan yang berlangsung.

Laode Sulaeman selaku Kepala PPSDM KEBTKE menyampaikan bahwa Energi Baru Terbarukan (EBT) hydro dan bayu adalah sumber daya energi yg cadangannya banyak kita miliki. Hal ini tentunya perlu kita dorong terus agar pemanfaatan EBT terus tumbuh dan bisa mencapai bauran energi 23% pada tahun 2025.

Kita perlu mendorong dan melakukan upaya-upaya agar konsumsi listrik per kapita kita meningkat. Hal ini penting karena menyangkut indikator kegiatan industri nasional.

Suatu negara yg konsumsi listrik per kapitanya tinggi menunjukkan bahwa industri di negara tersebut sudah tumbuh dengan baik. Indonesia tahun 2020 menargetkan angka 1200 kWh per kapita nasional. Kita masih harus terus mengejar, karena di ASEAN sendiri ada negara-negara yang sudah jauh di atas nilai tersebut.

Harapan kami setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat memahami kebijakan dan regulasi terkait EBT, pengenalan PLTMH, komponen-komponen PLTMH, PLTMH dan pengelolaannya, pengenalan PLTB, PLTB, dan dapat bermanfaat di tempat tugas, tambahnya.

Peserta sangat antusias dalam pemanfaatan elearning yang diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE untuk menunjang pembelajaran, serta dapat mengikuti kelas online di masa Work From Home (WFH).

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdri. Rifka HP. 0877-5666-9028 / Sdr. Anggit HP. 0 852-8804-0600

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-05-14 12:53:05
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.