BIMBINGAN TEKNIS SKEMA KERJASAMA PEMERINTAH DENGAN BADAN USAHA: UPAYA MAJU PPSDM KEBTKE BERSAMA MITR

" BIMBINGAN TEKNIS SKEMA KERJASAMA PEMERINTAH DENGAN BADAN USAHA: UPAYA MAJU PPSDM KEBTKE BERSAMA MITR "
sri asih

BIMBINGAN TEKNIS SKEMA KERJASAMA PEMERINTAH DENGAN BADAN USAHA: UPAYA MAJU PPSDM KEBTKE BERSAMA MITRA ENERGI

Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu fokus pembangunan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Seiring dengan bertambahnya penduduk serta kebutuhan untuk meningkatkan tingkat perekonomian, kebutuhan infrastruktur juga diharapkan dapat menjadi faktor pendorong. Namun pemerintah dihadapkan dengan masalah keterbatasan anggaran. Tantangan bagi pemerintah adalah menemukan cara untuk membiayai pembangunan infrastruktur dengan keterbatasan anggaran yang tersedia.

Untuk mensiasati permasalahan ini, salah satu solusi yang ditawarkan oleh Pemerintah adalah dengan penggunaan Skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Namun, semenjak ditetapkan pada tahun 2015 sampai dengan saat ini, pencapaian KPBU masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Berbagai kendala masih menghambat keberlangsungan dari KPBU. Hal inilah yang melandasi PPSDM KEBTKE berinisiatif untuk mengadakan Bimtek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha di Sektor ESDM ini.

PPSDM KEBTKE menyelenggarakan Bimbingan Teknis “Mendorong Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Di Sektor ESDM” dilaksanakan pada tanggal 18 sampai dengan 19 Mei 2020 secara live, kegiatan ini diikuti 16 orang peserta yang terdiri dari Politeknik Negeri Bali, Kantor Pemerintahan Provinsi Bali, PT Gagas Energi Indonesia, Dinas ESDM Provinsi Jambi dan Provinsi Sulawesi Tenggara, KESDM, PT PP (Persero), PT Fokus Indo Lighting, PT Adyawinsa Dinamika.

Sedangkan materi yang disampaikan pada hari pertama terdiri dari Pengenalan KPBU, Mengapa memilih KPBU?, Bagaimana KPBU dapat memenuhi kebutuhan yang ada ?, Pengembangan Proyek KPBU Tanpa Tersandung Masalah hokum, Manajemen Kontrak : Bagaimana menuliskan semua Aspek dalam satu dokumen kontrak PJPK-BUP, serta dilanjutkan dengan sesi diskusi, hari kedua disampaikan materi yang terdiri dari Layakkah Proyekmu Untuk di-KPBU kan Secara

Keuangan?, Bagaimana memitigasi Risiko ? Apa yang dapat dilakukan oleh Pemerintah?, Proses Transaksi dan Pengadaan Pada Proyek KPBU, Finishing a PPP Project : Konstruksi dan Oprasi, dilanjutkan dengan sesi diskusi.

Laode Sulaeman selaku Kepala PPSDM KEBTKE menyampaikan bahwa Bimbingan Teknis KPBU ini menyajikan materi ajar yang komprehensif, implementatif, dan narasumber yang kompeten sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam memahami aspek strategis pada penyusunan proyek KPBU dan melakukan pengambilan keputusan yang mampu mendorong pembangunan infrastruktur melalui skema KPBU.

Harapan beliau peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sampai dengan akhir sehingga tujuan pelaksanaan Bimbingan Teknis dapat tercapai dan pengetahuan yang telah diperoleh nantinya dapat dimanfaatkan di unit kerja masing-masing.

Melihat antusiasme peserta Bimtek yang tinggi dan materi ajar yang sangat implementatif untuk mendorong Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha khususnya di sektor ESDM, PPSDM KEBTKE akan segera menyelenggarakan kembali Bimtek KPBU tersebut, kami persilahkan Saudara siap untuk bergabung ??

PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk pelatihan dan sertifikasi, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi Bimbingan Teknis

Sdri. Dewi HP. 0811-9303-348 / Sdr. Harizana HP. 0812-8110-2149

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-05-22 13:32:55
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.