WEBINAR PNS MILLENIAL DI BIDANG ENERGI: PILIHAN MASA DEPAN

" WEBINAR PNS MILLENIAL DI BIDANG ENERGI: PILIHAN MASA DEPAN "
sri asih

WEBINAR PNS MILLENIAL DI BIDANG ENERGI: PILIHAN MASA DEPAN

Jum’at, 29 Mei 2020

Kini hadir kembali Live Webinar tahap kedua dengan tema “PNS Millenial Di Bidang Energi: Pilihan Masa Depan” yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 29 Mei 2020 dengan jumlah peserta 612 orang yang terdiri dari kalangan Aparatur Sipil Negara, Badan Usaha/Industri, Universitas, Mahasiswa, SMK, serta masyarakat umum. Live streaming melalui akun Youtube PPSDM KEBTKE.

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan EBTKE Laode Sulaeman, pada welcoming speech menyampaikan bahwa kegiatan webinar ini komposisi pendaftar hampir 50% dari pendidikan, 40% Kementerian ESDM, 10% Badan Usaha, dan Masyarakat Umum. Para peserta sangat antusias dan memang sangat menarik temanya, terutama bagi anak-anak muda yang masih duduk di bangku kuliah maupun SMK, tergiur untuk menjadi PNS energi harus menjadi jiwa yang penuh dedikasi dan kompeten.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Energi dan Sumber Daya Mineral Kementerian ESDM, Wiratmaja Puja, terlebih dahulu menyapa kepada para peserta webinar dengan mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Bathin”.

Webinar kali ini bernuansa PNS Milenial, mengapa PNS Milenial ?, Dalam beberapa tahun terakhir, banyak anak muda fresh graduate Indonesia yang mendaftar sebagai CPNS sebagai profesi pertama setelah lulus dari bangku perkuliahan. Namun, tak sedikit pula generasi millennial yang malah tidak tertarik dan lebih memilih pekerjaan lain daripada harus ikut berbondong-bondong mendaftar CPNS.

Banyak anak muda millennial lebih memilih untuk menggeluti pekerjaan yang bebas waktu atau biasa disebut juga sebagai freelancer atau di perusahaan swasta, hal ini disebabkan karena PNS dianggap tidak fleksibel bagi mereka yang tidak terlalu mengutamakan efektifitas tepat waktu dalam bekerja.

Ia mengatakan bahwa PNS itu tugasnya untuk melayani, mau jadi PNS punya jiwa melayani, obyektif, jangka panjangnya bagaimana menjadikan negara adil dan makmur, banyak belajar bagaimana membangun karakter yang baik sebagai PNS yang kompeten.

Harapan beliau dengan adanya webinar yang dilaksanakan oleh PPSDM KEBTKE ini dapat membangun jiwa PNS yang berjiwa melayani, dan dapat bermanfaat bagi bangsa dan Negara.

Nur Widyasari, Biro SDM ESDM “Meniti Karir Sebagai PNS KESDM”

Manajemen ASN Generasi Milenial: Tantangan Pembangunan ASN 4.0, Internal: Mismatch, Indisipliner

Kondisi saat ini 4,19 juta ASN, mempunyai program strategis yang terdiri dari Perencanaan, Rekrutmen dan seleksi, Pengembangan kapasitas, reformasi kesejahteraan.

Eksternal Globalisasi dan persaingan, tuntutan publik: Tantangan SMART ASN 2024 Integritas, Nasionalisme, Wawasan Global, IT dan Bahasa Asing, Hospitality (Pelayanan), Networking (Jaringan), Entrepreneurship (Kewirausahaan)

Profil ASN Nasional 1/2: Jenis kelamin, Golongan, Eselon, Jenis Pendidikan, Jenis jabatan

Profil ASN Nasional 2/2: Kapasitas dan Tingkat Pendidikan, Tenaga Spesialis, Penyebaran Keahlian

KESDM memanggil milenial SDM Unggul Kementerian ESDM 

Jujur: Berpikir, berperilaku, bertindak dengan amanah, transparan, penuh integritas, memegang teguh kode etik, dan loyal kepada bangsa dan negara.

Profesional: Bekerja dengan semangat, cermat, akuntabel, disiplin, akurat, dan tuntas atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab, komitmen yang tinggi, membangun sinergi internal dan eksternal, serta mampu melihat perkembangan jauh ke depan.

Melayani: Memberikan layanan prima dengan memahami kebutuhan pemangku kepentingan, dilakukan dengan sepenuh hati, proaktif, profesional, simpel, efisien, dan tepat waktu dalam rangka memenuhi kepuasan internal dan publik.

Inovatif: Berwawasan terbuka, selalu belajar untuk peningkatan diri, memiliki ide baru yang bermanfaat, mampu membuat solusi alternatif dalam pekerjaan untuk mempercepat tercapainya target kinerja.

Berarti: Menjadi manusia yang memanusiakan manusia, memberi manfaat bagi diri sendiri, orang lain, Kementerian ESDM, masyarakat, bangsa dan negara, sehingga menjadi teladan, tempat bertanya, mampu memimpin, dan memecahkan masalah.

Dalam paparannya Ariana Soemanto, Biro Klik ESDM “Inisiatif Baru PNS Sektor Energi” Dunia makin transparan tidak ada batas antar negara, kita bukan hanya bangsa Indonesia tapi warga dunia. Ada 17 tujuan sebagai warga dunia (SDGs) Energi telah menjadi global top of mind, tetapi energi yang membuat bumi lebih bersih, green climate fund story.

Energi bersih adalah masa depan: minyak bumi 25 %, Batubara 24%, Gas Bumi 20%, Energi Terbarukan 31% yang terus dikejar.

Pasca pandemic pasti banyak inisiatif yang ingin agar 2 kondisi tersebut berlanjut (Penurunan emisi CO2, dan Dominasi EBT).

Beberapa isu energi yang sering muncul di publik: Subsidi energi besar, belum tepat sasaran (Rp 135 triliun, 2019), Harga energi dianggap masih mahal, Masih ada kelangkaan energi (Listrik 99%), Energi terbarukan perlu dipercepat, Perizinan/ birokrasi bisa dipangkas, lebih cepat.

Tantangan jadi pns (energi), perlu terus disempurnakan, agar

  1. loyalitas: jika hanya untuk nyuruh-nyuruh tapi kita butuh eksekutor (yang tidak egois) untuk bekerja melaksanakan suruhan-suruhan itu.
  2. Memahami keinginan orang lain
  3. Jadi problem solver
  4. Selalu punya target
  5. Harus pintar-pintar motivasi diri sendiri
  6. Kolaborasi dengan teman yg se-visi

Segera tentukan pilihan kedepan, jangan sampai terlambat, Sekarang, bukan zamannya yang besar mengalahkan yg kecil, akan tetapi yang cepat mengalahkan       yang lambat, akhir dari penyampaian materinya.

Tanggapan Kepala Badan SDM ESDM terkait penyampaian materi para narasumber pelaksanaan webinar semoga dapat menjadikan gambaran bagi CPNS saat ini, dan dapat menjadi pertimbangan para sahabat energi untuk menjadi PNS energi masa depan.

PPSDM KEBTKE siap melayani kebutuhan pengembangan sumber daya manusia bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi.

Kami memberikan layanan pelatihan dan sertifikasi, bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan, SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdri. Rifka HP. 0877-5666-9028 / Sdr. Anggit HP. 0 852-8804-0600

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)

 


Penerbit : sri asih - 2020-05-29 16:15:20
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.