LIVE WEBINAR ENERGY SAVING FOR A BETTER LIFE: YUK HEMAT LISTRIK DI RUMAH

" LIVE WEBINAR ENERGY SAVING FOR A BETTER LIFE: YUK HEMAT LISTRIK DI RUMAH "
sri asih

Rabu, 3 Juni 2020

Pelaksanaan Webinar tema “Live Webinar Energy Saving For A Better Life: Yuk Hemat Listrik Di Rumah” yang dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Juni 2020 dengan jumlah peserta 476 orang yang terdiri dari kalangan Aparatur Sipil Negara, Badan Usaha/Industri, Universitas, Mahasiswa, SMK, serta masyarakat umum. Live streaming melalui akun Youtube PPSDM KEBTKE.

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan EBTKE Laode Sulaeman, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan webinar ini sesi yang ketiga membahas sisi lain dari pemanfaataan energi kita. Biasanya kita membahas bagaimana memanfaatkan sumber-sumber energi yang kita miliki. Kali ini kita membahas sisi penggunaan energi yaitu bagaimana cara berhemat energi, bagaimana kita berperilaku agar resources energi kita bisa bermanfaat secara jangka panjang, tidak lantas kita hambur-hamburkan.

Menghemat energi akan memberikan kelangsungan hidup lebih panjang atas sumber daya energi yang kita miliki dan tentunya akan dimanfaatkan oleh anak cucu kita. Prilaku hemat energi juga akan bermanfaat bagi belanja energi bulanan kita, ini semua menjadi penting dan kita bersyukur dengan adanya webinar ini, kita semua akan diupgrade lagi hal-hal yg terkait prilaku hemat energi dan perkembangan mutakhir tentang efisiensi dan konservasi energi, imbuhnya.

Sebelum disampaikan materi terlebih dahulu disampaikan Host is sharing Polling results terkait penghematan energi, dan penggunaannya.

Berbicara tentang tema Webinar kali ini cukup menarik. Momennya sangat tepat karena saat ini kita semua sedang melaksanakan salah satu anjuran Pemerintah untuk membantu mengurangi penularan Covid-19 yaitu stay at home. Artinya semua kegiatan kita dilakukan dari rumah seperti belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dll. Disadari atau tidak konsumsi listrik kita di rumah meningkat dengan bertambahnya biaya rekening listrik. Nah, untuk mengetahui bagaimana supaya kita dapat mengontrol pemakaian peralatan listrik, para pakar konservasi energi telah hadir sebagai narasumber acara ini.

Titovianto Widyantoro, Himpunan Ahli Konservasi Energi (HAKE) menyampaikan “Kiat-kiat Penghematan Energi di Rumah Tangga”, Efisiensi Energi dan tantangan ke depan, rantai energi dan konservasi energi terdiri dari primary, energy conversion, delivery energy, end-use technology, useful energy, service rendered. Proses konversi energi hanya 10% dari energi BBM yang menggerakkan mobil, hanya 6% dari input energi menjadi cahaya. Pendekatan konservasi energi terintegrasi melalui Manajemen energi (operasi dan maintenance, system pemantauan dan kendali), desain efisiensi energi (desain tecknologi low energy, standar efisiensi energy), peningkatan efisiensi energi dan optimasi system (peningkatan efisiensi energi), konservasi, energi terbarukan.

Penghematan energi system pasif vs aktif peralatan pasif, terjadi ketika bangunan yang dibuat dan bekerja sendiri. Rancangan, bagian, pilihan bahan dan penempatan menciptakan aliran energi positif melalui bangunan dan "menghemat energi". Peralatan aktif, menggunakan peralatan untuk mengubah keadaan bangunan, menciptakan energi dan kenyamanan; yaitu AC, pompa, dll. Bangunan pasif dibantu pengguna aktif (untuk membuka dan menutup jendela dan tirai)

Penghematan energi sistem pasif pendekatan rancangan, beban pendingin, penghematan energi di bangunan, penghematan energi di bangunan, perhitungan penghematan, definisi bangunan tropis, strategi rancangan, orientasi bangunan, dll.

Manajemen energi, Efisiensi energi, Standar sistem manajemen energi ISO 50001, Optimasi pengendalian energi (saving 21 %), Optimasi pasokan energi (EBT - saving 20%).

Setelah kita mengetahui Kiat-Kiat Penghematan Energi di Rumah Tinggal untuk bisa mengurangi konsumsi listrik di rumah. Tentunya hemat listrik tidak hanya mengurangi konsumsi listrik saja tetapi ada value lain kita dapatkan. Pemaparan materi kedua dengan Judul Cerdas Finansial dengan Hemat Menggunakan Listrik yang disampaikan RR. Endang Widayati, Praktisi Konservasi Energi, “Save Energy for A Better Life” cerdas finansial dengan hemat menggunakan listrik

Energi Listrik dan Kehidupan Kita, setiap saat kita perlu listrik 24 jam 1440 menit 86400 detik yang terdiri dari Tata udara (AC, kipas angin), Peralatan memasak (rice cooker, dispenser, oven, microwave), Peralatan appliances lainnya (laptop, tv, hp, dll), Gyms (threadmill dll), Peralatan rumah tangga lainnya  (kulkas, pompa air,mesin cuci,  penyedot debu, water heater dll), Tata cahaya (lampu). Peralatan listrik apa saja yang digunakan di rumah, Berapa daya (Watt) peralatan-peralatan tersebut, Berapa energi listrik (kWh) nya perlu dipertimbangkan.

Keinginan vs Kebutuhan: Keinginan harga murah, diskon, trend, nyala terus, Kebutuhan efisien, kinerja, biaya energi kecil, sesuai kebutuhan

Hemat Energi, Hemat Biaya: Yuk kita berhemat listrik Energi listrik yang diboroskan merupakan pengeluaran keuangan yang bisa dialokasikan untuk keperluan lainnya yang lebih produktif

Manfaat Finansial Penghematan Energi untuk Peningkatan Kualitas Hidup: Menghitung kWh listrik dan biaya energi yang dihemat, Usaha penghematan energi listrik yang dilakukan, Target Penghematan:

- Tetapkan baseline (kWh),

- Catat kWh actual pada reporting period)

- (kWh Baseline- kWh aktual) = y kWh (positif) berarti saving

- y kWh * Rp/kWh = biaya energi yang dihemat

Penghematan Energi Listrik: penghematan biaya listrik, value added lainnya, investasi peningkatan kualitas hidup.

Investasi Peningkatan Kualitas Hidup ???: Peningkatan Pengetahuan, Peningkatan Ketrampilan, Mengembangkan hobi positif, Kegiatan Produktif. Investasi pendidikan anak, Investasi BPJS kesehatan, Continuous and Never Ending Improvement.

Di era teknologi seperti sekarang, ketergantungan kita terhadap energi listrik sangat tinggi, maka sewajarnyalah ketika kebutuhan makin tinggi maka konsumsi energi listrik juga tinggi. Untuk itu perlu dilakukan langkah-langkah penghematan, dan kita bisa memulai dari linngkungan terdekat terlebih dahulu dengan menerapkan cara menghemat energi listrik di rumah. Untuk itu: Yuk kita lakukan mulai dari hal kecil, mulai dari diri sendiri, dan mulai dari sekarang. Mudah bukan? Tanpa implementasi energy conservation hanya menjadi energy conversation.

Sesi webinar kali ini telah dipersilahkan kepada peserta untuk mengimplementasikan terkait penghematan energi dirumah, dan hasil implementasinya dapat dikirimkan ke media sosial PPSDM KEBTKE pada bulan Juli 2020, maka akan terpilih 3 orang dari peserta yang telah mengirimkan implementasinya untuk mendapatkan hadiah.

Setelah penyampaian materi telah dilakukan sesi tanya jawab, dan peserta sangat antusias sekali bagaimana dapat menghemat energi dengan baik, dan penataan ruang agar rumah menjadi sehat dan hemat energi.

PPSDM KEBTKE akan hadir kembali melalui webinar selanjutnya pada tanggal 10 Juni 2020 dengan tema “Potensi Lapangan Kerja di Sektor Ketenagalistrikan”.

PPSDM KEBTKE siap melayani kebutuhan pengembangan sumber daya manusia bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi.

Kami memberikan layanan pelatihan dan sertifikasi, bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan, SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdri. Rifka HP. 0877-5666-9028 / Sdr. Anggit HP. 0 852-8804-0600

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-06-03 13:46:10
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.