PENGANTAR GEOLOGI, GEOKIMIA, DAN GEOFISIKA (3G) UNTUK PANAS BUMI (SISTEM DISTANCE LEARNING)

" PENGANTAR GEOLOGI, GEOKIMIA, DAN GEOFISIKA (3G) UNTUK PANAS BUMI (SISTEM DISTANCE LEARNING) "
sri asih

Selasa, 9 Juni 2020

PPSDM KEBTKE selenggarakan Pelatihan “Pengantar Geologi, Geokimia, dan Geofisika (3G) Untuk Panas Bumi (Sistem Distance Learning)” dilaksanakan pada tanggal 09 - 10 Juni 2020, jumlah peserta 8 orang yang terdiri dari Direktorat Jenderal Migas, Politeknik Energi dan Mineral Akamigas, Chevron IndoAsia Business Unit, PGN - Saka Energi Indonesia, Universitas Trisakti, PT. Geo Dipa Energi, Institut Teknologi Bandung, Sekolah Tinggi Teknologi Migas.

Adapun materi yang disampaikan terdiri dari Pengantar Geologi Panas Bumi, Pengantar Geokimia Panas Bumi, Pengantar Geofisika Panas Bumi, Menyelesaikan jawaban pada kuis / test, Penyelesaian Soal Pengantar Geofisika Panas Bumi.

Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia mampu menjelaskan pelaksanaan kegiatan tentang survei geologi, geokimia, dan geofisika sebagai pengantar dalam pengusahaan panas bumi di wilayah kerja panas bumi. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat memahami usaha-usaha dan kegiatan survei geologi, geokimia, dan geofisika sebagai pengantar pada wilayah kerja panas bumi.

Laode Sulaeman selaku Kepala PPSDM KEBTKE menyampaikan Pemerintah Indonesia mencanangkan bauran energi baru terbarukan mencapai 23% pada 2025 dan naik lagi 31% pada Tahun 2050.

Indonesia memiliki cadangan-cadangan geothermal terbesar di dunia, karena itu Pemerintah bertujuan meningkatkan peran energi geothermal sebagai penghasil listrik.

Dalam Road Map Pengembangan Geotermal yang disusun oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Indonesia menargetkan mengembangkan energi geotermal sekitar 7000 MW pada 2025. Sebuah program yang cukup ambisius. Karena itu dibutuhkan investasi yang besar, penyiapan teknologi eksplorasi dan produksi, manajemen, penyediaan sumberdaya manusia yang kompeten dengan jumlah yang cukup, serta dukungan iklim investasi yang menarik bagi investor.

PPSDM mendapatkan mandate untuk membina sumber daya manusia yang kompeten di bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi.

Harapan kami setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat memahami usaha-usaha dan kegiatan survei geologi, geokimia, dan geofisika sebagai pengantar pada wilayah kerja panas bumi, tambahnya.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-06-09 11:28:03
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.