POTENSI KERJA DI BIDANG KETENAGALISTRIKAN

" POTENSI KERJA DI BIDANG KETENAGALISTRIKAN "
sri asih

Rabu, 10 Juni 2020

Pelaksanaan Webinar tema “Live Webinar Potensi Lapangan Kerja Di Bidang Ketenagalistrikan” yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom pada hari Rabu, 10 Juni 2020 dengan jumlah peserta 868 orang yang terdiri dari kalangan Aparatur Sipil Negara, Badan Usaha/Industri, Universitas, Mahasiswa, SMK, serta masyarakat umum dan peserta yang terlibat secara live streaming melalui akun Youtube dan Facebook PPSDM KEBTKE.

Webinar kali ini sangat menarik yang akan membahas potensi kerja di bidang ketenagalistrikan, hadir sebagai nara sumber Syofvi Felienty Roekman Direktur Human Capital dan Management PT PLN (Persero) menyampaikan materi dengan tema “Kebutuhan SDM Sektor Ketenagalistrika” bahwasanya PLN merupakan BUMN yang bertanggungjawab menyediakan listrik di seluruh Indonesia. Bergerak pada pembangkitan, transmisi, dan distribusi.

Proses bisnis PLN bidang pembangkitan membangun proyek, memiliki dan mengoperasikan pembangkit listrik di Indonesia mengontrol kapasitas pembangkit, Bidang transmisi membangun proyek, memiliki dan mengoperasikan jaringan trasmisi di Indonesia mengelola jaringan dan gardu induk, bidang distribusi membangun, memiliki dan mengopersaikan jaringan distribusi di Indonesia mengelola jaringan distribusi dan pelanggan di seluruh Indonesia.

Kebutuhan SDM per stream bisnis PLN internal control and compliance sebesar 3,58%, corporate and technical services (things) sebesar 1,49%, corporate and technical services (people) sebesar 1%, corporate and knowledge (things) sebesar 0,49%, corporate research and knowledge (people) sebesar 0,88%.

Kebutuhan SDM Ketenagalistrikan electricity generation, transmission & distribution sebesar 62.05%, strategic electricity planning sebesar 8.88%, business & commercial sebesar 18.70%.

Large scale renewables drive the employee market:

Tahun 2025 kapasitas pembangkit EBT mayoritas berasal 40% PLTA dan 29% PLTP.

Rekrutmen dan seleksi melalui administrasi, screening test, Psikotes, Tes Kesehatan, Wawancara, dan tanda tangan kontrak sampai dengan prajabatan.

Model leader development: Future leadership Development Programme (FLD) suksesor adalah peawai baru melalui speed up competency development programme, Leadership Development Programme (LDP) Suksesor adalah pegawai pada level SPV Dasar s.d Manajer atas melalui leadership capability development programme, Global Development Programme (GDP) Suksesor adalah pegawai level manajer dasar s.d manajer atas melalui global directorship development Programme.

Saat ini PLN sedang mempersiapkan SDM bagaimana dalam waktu maksimum 20 - 25 tahun dapat menggantikan sebagai direksi PLN saat ini.

Paparan selanjutkan Laode Sulaeman Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan EBTKE (PPSDM KEBTKE) menyampaikan materi dengan tema “Peningkatan Kapasitas SDM Bidang Ketenagalistrikan dan EBTKE” bahwa Tantangan Ketenagakerjaan Nasional, Penelitian Institute for Management Development (IMD) menunjukkan, daya saing tenaga kerja Indonesia masih tertinggal dibandingkan sejumlah negara ASEAN seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura. Sementara secara global, Indonesia berada di peringkat 47 dari 63 negara.

Sejumlah persoalan masih dihadapi Indonesia seperti rendahnya pendidikan pekerja serta ketidaksesuaian (mismatch) antara pendidikan dengan pekerjaan.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2019, pendidikan pekerja Indonesia didominasi oleh lulusan SD ke bawah sebanyak 52.40 juta pekerja.

Solusi persolan ketenagalistrikan melalui peningkatan kapasitas SDM Ketenagalistrikan EBTKE melakukan Pelatihan Vokasi, melakukan Pemagangan berbasis kompetensi di Perusahaan, dan melakukan Sertifikasi Kompetensi.

PPSDM KEBTKE mempunyai Skema Kelembagaan Penerbitan Sertifikasi Ketenagalistrikan EBTKE sebagai berikut:

1. Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) PPSDM KEBTKE          Keputusan Menteri ESDM Nomor : 389K/20/DJL.4/2018 tentang penunjukan PPSDM KEBTKE sebagai Lembaga Sertifikasi Kompetensi Tenaga Teknik.

2. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BPSDM ESDM Lisensi Nomor : BNSP-LSP-613-ID Tanggal  5 Oktober 2016

Berdasarkan Undang-undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, Sertifikasi Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan Setiap usaha  ketenagalistrikan wajib  memenuhi ketentuan  Keselamatan  Ketenagalistrikan

Kemitraan Penyediaan Tempat Uji Kompetensi (TUK), tempat uji kompetensi LSK PPSDM KEBTKE ada 36 TUK di Industri dan perguruan tinggi seluruh wilayah Indonesia.

Potensi lapangan kerja di bidang ketenagalistrikan masih terbuka luas, bukan saja di sektor utama seperti pembangkitan, transmisi dan distribusi, namun juga di sektor pendukung seperti industri kabel, industri trafo, industri appliances dll. Hal ini akan terus berkembang dengan tumbuh pemanfaatan kendaraan listrik, rooftop PV dan energy strorage.

Guna meningkatkan kompetensi SDM bidang ketenagalistrikan dapat dilakukan dengan mengikuti kegiatan sertifikasi. Kegiatan sertifikasi ini (untuk yang dilaksanakan di PPSDM KEBTKE) telah mengakomodasi pula disiplin kompetensi yang dapat diisi oleh TKA (Permenaker 228/2019).

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM IGN Wiratmadja, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepala ibu Syofvi dan para pejabat dari PLN, presentasinya sangat luar biasa menunjukkan bagaimana kompleknya pengembangan dan pengelolaan sistem ketenagalistrikan nasional, dan berita baiknya juga adalah kesempatan bagi yang masih kuliah atau yang baru lulus untuk bersaing di sektor ketenagalistrikan.

Webinar kali ini pada sesi diskusi peserta sangat antusias untuk mengajukan pertanyaan, dan terdapat penanya terbaik mendapatkan voucer pelatihan dari PPSDM KEBTKE sebanyak 3 orang, dan mendapatkan buku dari PLN (Persero) sebanyak 5 orang.

PPSDM KEBTKE akan hadir kembali melalui Webinar selanjutnya dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2020 “Mobil Listrik: Harapan atau Ilusi?”.

PPSDM KEBTKE siap melayani kebutuhan pengembangan sumber daya manusia bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-06-10 13:52:17
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.