DISTANCE LEARNING: IMPLEMENTASI MANAJEMEN ENERGI PADA GEDUNG KANTOR PEMERINTAH

" DISTANCE LEARNING: IMPLEMENTASI MANAJEMEN ENERGI PADA GEDUNG KANTOR PEMERINTAH "
sri asih

Kamis, 11 Juni 2020

PPSDM KEBTKE selenggarakan Pelatihan “Diklat Teknis Implementasi Manajemen Energi Pada Gedung Kantor Pemerintah.” dilaksanakan pada tanggal 11 - 12 Juni 2020, jumlah peserta 40 orang dari pegawai di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sebelum penyampaian materi peserta terlebih dahulu melakukan Pre Test, adapun materi yang disampaikan terdiri dari Kebijakan, Regulasi, dan Standar Terkait Konservasi Energi pada Bangunan Gedung, Membangun Manajemen Energi pada Gedung Kantor Pemerintah dengan Energi Management System (EnMS) Approach, Day to Day Operation, Performance Evaluation, and Improvement, sesi diskusi, peserta juga diberikan tugas mandiri dan diakhiri dengan pelaksanaan Post Test.

Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu memahami tentang implementasi manajemen energy pada bangunan kantor pemerintahan

Laode Sulaeman selaku Kepala PPSDM KEBTKE menyampaikan Pelatihan kali ini adalah pelatihan yang cukup penting untuk membekali wawasan bagi peserta guna menjadi duta efisiensi dan pemanfaatan energi yang efektif pada bangunan-bangunan gedung Pemerintah.

Perkembangan teknologi menuntut kesiapan kita untuk mengimplentasikan prinsip-prinsip konservasi energi pada bangunan gedung. Dunia arsitektur tumbuh berkembang dengan berbagai model rancangan gedung-gedung modern yang "smart energy consumption". Selain itu juga teknologi material terus menyesuaikan dengan kondisi-kondisi yang diadopsi oleh kebutuhan akan konservasi energi.

Selanjutnya saat ini gedung-gedung Pemerintah juga mengelola Rooftop PV yang merupakan sumber energi yang perlu dikelola dengan baik. Oleh karena itu diperlukan para pelaku energi atau manajer energi yg bisa menjadi duta bagi pemanfaatan dan pengelolaan energi yang efisien dan efektif pada Gedung Pemerintah.

Harapan kami setelah mengikuti pelatihan ini para peserta dapat memahami Kebijakan, Regulasi dan dan standar terkait konservasi energi pada bangunan gedung, membangun manajemen energi pada bangunan gedung kantor pemerintah dengan EnMS approach, day to day operation, dan performance evaluation, and Improvement, dan dapat mengimplementasikan di tempat tugas masing-masing, imbuhnya.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-06-11 13:19:10
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.