PENGENALAN KARAKTERISTIK, POTENSI BAHAN BAKU, DAN POTENSI PEMANFAATAN SEBAGAI BAHAN BAKAR DI INDONES

" PENGENALAN KARAKTERISTIK, POTENSI BAHAN BAKU, DAN POTENSI PEMANFAATAN SEBAGAI BAHAN BAKAR DI INDONES "
sri asih

Selasa, 16 Juni 2020

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) mengadakan Sharing Session dengan materi Dimetil Eter (DME), Selasa, 16Juni 2020.

Sharing Session tersebut diikuti oleh 79 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari aparatur sipil negara (ASN), badan usaha/industri, akademisi, mahasiswa, serta Masyarakat Umum.

Adapun narasumber yang mengisi Sharing Session tersebut Dr. Riesta Anggarani, peneliti pada  Kelompok Riset Bahan Bakar & Aviasi – KPPP Teknologi Aplikasi Produk,  Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS”.

Pada paparan yang bertajuk “Dimetil Eter (DME); Pengenalan Karakteristik, Potensi Bahan Baku, dan Potensi Pemanfaatan Sebagai Bahan Bakar di Indonesia", disampaikan poin-poin penting mengapa DME menjadi salah satu Bahan Bakar rujukan untuk diversifikasi bahan bakar di Indonesia, terutama sebagai bahan bakar substitusi LPG.

Riesta menyampaikan, kedekatan sifat fisik serta persamaan di dalam kegiatan penyimpanan dan penanganan DME dibandingkan dengan LPG, menjadi salah satu alasan mengapa DME dipilih sebagai komponen campuran untuk LPG.

Ditambahkan oleh Riesta, dengan mengingat bahan baku DME yang berupa; Batubara, Sampah/Limbah,gas alam serta bio Massa, keberadaan bahan baku ini sangat melimpah di Indonesia, dengan besarnya potensi ini maka penggunaan DME sebagai bahan campuran LPG akan dapat mengurangi Impor LPG yang selama ini menopang sebagian besar kebutuhan LPG di Indonesia.

Disampaikan pula oleh Riesta, selain sebagai bahan campuran LPG, DME dapat juga diaplikasikan sebagai bahan bakar pada kendaraan bermotor sebagai bahan Campuran Liquid Gas for Vehicle (LGV), yang digunakan pada kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, dengan sedikit modifikasi pada sistem bahan bakar kendaraan tersebut.

Pada paparan ini juga disampaikan secara garis besar hal-hal mengenai; cara pembuatan atau pengolahan DME, Karakteristik DME sebagai Bahan Bakar serta kendala-kendala yang pernah dihadapi selama proses pengembangannya.

Selain pemaparan materi, Sharing Session tersebut juga menghadirkan sesi diskusi dan tanya jawab untuk para peserta. Sebanyak 5 penanya telah diberi kesempatan untuk dibacakan pertanyaannya dan telah dibahas dan dijawab secara komprehensip oleh narasumber.

Sebagai tindak lanjut acara Sharing Session ini, PPSDM KEBTKE akan menghadirkan Bimbingan Teknis/Bimtek Pengembangan DME dengan bahasan dan materi yang lebih detail yang diharapkan dapat menjawab kebutuhan tentang pengetahuan produk maupun teknis mengenai Dimetil Eter atau DME ini. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai Bimtek ini melalui media sosial PPSDM KEBTKE.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-06-16 20:13:24
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.