PELATIHAN BAGI SDM PROFESIONAL BADAN USAHA BIDANG ENERGI DALAM PENGOPERASIAN PLTS TERPUSAT

" PELATIHAN BAGI SDM PROFESIONAL BADAN USAHA BIDANG ENERGI DALAM PENGOPERASIAN PLTS TERPUSAT "
sri asih

Senin, 22 Juni 2020

PPSDM KEBTKE selenggarakan Pelatihan “Pengoperasian PLTS Terpusat (Sistem Distance Learning)” dilaksanakan pada tanggal 22 - 23 Juni 2020, jumlah peserta 23 orang yang terdiri dari Pace Energy, PT Hijau Makmur Energi, PT Wampu Electric Power, Fresh Gradutae, SESM, PT Sumber Energy Sukses Makmur, PT Bintan Resort Cakrawala, Universitas Maritim Raja Ali Haji, PT Mitra Karya Prima, Universitas Brawijaya, RSUD Dr. Zainoel Abidin.

Adapun materi yang disampaikan terdiri dari Pengukuran Listrik, Keselamatan Ketenagalistrikan (K2), Sistem dan Komponen PLTS, Pengoperasian PLTS Terpusat,  Identifikasi dan Penanganan Gangguan PLTS, diskusi dan tanya jawab, Mengerjakan tugas Mandiri, sebagai pengajar Agus Yulianto, S.T., M.KKK., Ahmad Khulaemi, S.Pd., M.Pd., Widyaiswara di lingkungan PPSDM KEBTKE.

Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia mampu menjelaskan tentang pengoperasian PLTS Terpusat

Dua hal yang paling penting yang perlu menjadi catatan kita terkait dengan PLTS Terpusat telah disampaikan oleh Laode Sulaeman Kepala PPSDM KEBTKE.

“Untuk mencapai Rasio Elektrifikasi 99%, ada wilayah-wilayah desa terpencil yang tidak dapat dialiri listrik melalui fasilitas transmisi dan distribusi konvensional yang dibangun oleh PLN.

Hal ini disebabkan oleh kondisi wilayah yang ekstrim dan akan sangat besar biaya yang dikeluarkan untuk memasok listrik di wilayah-wilayah seperti ini. Katakanlah seperti desa-desa di Papua yang berada di gunung-gunung dan sulit dijangkau atau seperti di NTT yang memiliki batuan yang keras tidak mudah mendirikan tiang-tiang transmisi/distribusi.

“Untuk wilayah-wilayah seperti ini lebih tepat dibangun PLTS Terpusat. Selanjutnya masih terkait dengan Solar PV di wilayah-wilayah perkotaan juga sudah banyak pengembangan pembangkit listrik atap berbasis Solar PV. Ini menjadi penting karena suatu kota saat ini dipandang maju apabila gedung-gedung yang ada telah memanfaatkan ruang atap sebagai lokasi untuk membangun PLTS atap.

Harapan kami setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat memahami pengukuran listrik, keselamatan ketenagalistrikan (k2), system dan komponen PLTS, Pengoperasian PLTS terpusat, dan identifikasi dan penanganan gangguan PLTS, imbuhnya.

PPSDM KEBTKE siap menciptakan sumber daya manusia yag kompeten melalui pelatihan dan sertifikasi.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-06-22 15:59:55
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.