BUDAYA HEMAT ENERGI SEJAK USIA DINI

" BUDAYA HEMAT ENERGI SEJAK USIA DINI "
sri asih

Jum’at, 26 Juni 2020

PPSDM KEBTKE selenggarakan Pelatihan Sistem Distance Learning “GEMAS (Gerakan Hemat Energi Di Sekolah)”, dengan jumlah peserta 35 orang yang terdiri dari para pengajar/Guru dilingkungan Sekolah Dasar (SD).

Para pengajar atau Widyaiswara PPSDM KEBTKE diantaranya Dr. Drs. Bambang Priandoko, M.T., Aspita Dyah Fajarsari, S.T., M.Eng. memberikan materi ajar yang terdiri dari Urgensi Hemat Energi di Sekolah, Membangun Budaya Hemat Energi di Sekolah, Teknik GEMAS (Gerakan Hemat Energi di Sekolah), Diskusi dan tanya jawab, serta mengerjakan tugas mandiri.

"Pelatihan ini bertujuan untuk membangun budaya hemat energi, serta gerakan hemat energi di sekolah.

Laode Sulaeman Kepala PPSDM KEBTKE menyampaikan 2 hal yang menjadi catatan pentingnya pelatihan ini.

“Pertama Mendidik anak-anak kita, bagaimana pola kebiasaan hidup dan sikap sehari-hari untuk menerapkan prinsip hemat energi sejak di usia dini. Oleh karena itu pelatihan ini diikuti oleh para guru-guru di tingkat sekolah dasar.

“Kedua Merupakan suatu ciri bangsa yang telah memasuki level kehidupan yang lebih tinggi, tidak hanya memperhatikan aspek-aspek sumber daya dan penggunaannya, namun juga ada kepedulian untuk menerapkan hidup yang efisien, sehingga dapat menghemat sumber daya alam kita yang kelak akan dirasakan oleh juga oleh generasi berikutnya setelah kita, ungkapnya.

Harapan kami setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat mensosialisasikan gerakan hemat energi kepada siswa di sekolah, dengan menerapkan 3M dalam penghemat energi. Gerakan 3M ini adalah Mematikan lampu dan peralatan listrik lain jika tidak digunakan, Mencabut kabel power listrik jika peralatan sudah dimatikan serta Mengatur suhu pendingin ruangan menjadi 25 derajat celcius,  dan juga dapat diimplementasikan di rumah tinggal masing-masing, tuturnya.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

PPSDM KEBTKE memiliki sarana dan prasarana yang sangat representatif, lengkap, dan nyaman sebagai penunjang dan pelengkap diklat. Selain itu, didukung oleh tenaga pengajar atau widyaiswara yang profesional, kompeten, dan berpengalaman berasal dari internal dan eksternal PPSDM KEBTKE.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id


Penerbit : sri asih - 2020-06-26 14:46:16
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.