EFEKTIVITAS KINERJA SEKTOR ENERGI DI MASA PANDEMI

" EFEKTIVITAS KINERJA SEKTOR ENERGI DI MASA PANDEMI "
sri asih

Rabu, 1 Juli 2020

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) mengadakan webinar bertajuk “Efektivitas Kinerja Sektor Energi di Masa Pandemi” melalui aplikasi Zoom, dan Live streaming You Tube, dan Face Book PPSDM KEBTKE.

Sejumlah pembicara hadir dalam acara tersebut, di antaranya IGN Wiratmaja Kepala Badan Pengembangan SDM Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) Kementerian ESDM, Muhamad Ali dari Komisaris PT. Pertamina EP, Eko Agung Bramantyo Direktur Operasi PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE).

Webinar diikuti sekitar 862 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari perguruan tinggi baik mahasiswa dan dosen, praktisi yang bekerja di pembangkit listrik, juga pengusaha di bidang pembangkit listrik. Selain itu masyarakat umum pun turut menyaksikannya secara live streaming di akun Youtube dan Facebook PPSDM KEBTKE.

Ign Wiratmaja Kepala Badan Pengembangan SDM Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM), menyampaikan bahwa dampak wabah pandemi ini telah menjalar ke berbagai sektor, aktivitas ekonomi yang tertekan telah menurun tingkat konsumsi energi, termasuk listrik. Namun demikian, betapa pentingnya mengembangkan energi geothermal ke depan.

“Di saat krisis ditaksir akan mampu menghadapi kondisi secara kritis, dengan demikian, kita diharapkan mampu mengubah tantangan menjadi opoculit dalam menghadapi pandemi Covid-19, ujar Pak Wirat panggilan akrab beliau.

Kata dia, Perlunya menyiapkan sumber daya manusia yang lebih baik untuk menghadapi tantangan-tantangan di masa pandemi covid-19 ini.

Muhamad Ali dari Komisaris PT Pertamina EP, Kondisi dunia saat ini memang dihadapkan pada ketidakpastian karena pandemi Covid-19 dan hampir seluruh negara telah mengambil kebijakan new normal, ini tantangan bagi kehidupan. Meski demikian, bagaimana menciptakan sumber datya manusia yang produktif di zaman era new normal ini, tantangan tersebut perlu disikapi dengan bijak agar mampu menciptakan peluang dalam kehidupan yang produktif.

Bagaimana kita memandang pandemi ini dari optimis dan pesimis, optimis itu efektifitas penulararannya melalui orang-orang yang optimis, pesimis efek penularannya lebih dahsyat dari yang optimis 2 kali lebih cepat daripada optimis, tuturnya.

“Tingkat kebahagiaan mempengaruhi kemampuan kita untuk menerima beban kerja, beban  kerja  merupakan  salah  satu  aspek  yang  harus  di  perhatikan oleh   setiap   organisasi,   karena   beban   kerja   salah   satu    yang   dapat meningkatkan  kinerja  Pegawai, karena tingkat kebahagiaan mempengaruhi kemampuan kita untuk menerima beban kerja.

“Untuk   mencapai produktivitas   karyawan   yang   maksimal   diperlukan   adanya kolaborasi   manajemen   yang efektif.  Ukuran  pencapaian  produktivitas  karyawan  yang  maksimal  tidak  hanya ditentukan   dengan   sejumlah   angka,   melainkan pada sejumlah   output   yang diperoleh  dari  seseorang  karyawan  selama  periode  waktu  yang  telah  ditetapkan, katanya.

Eko Agung Bramantyo Direktur Operasi PT Pertamina Geothermal Energy, menyampaikan tantangan dunia usaha di tengah pandemik di indonesia terjadi dengan cepat, setelah kasus pertama, terjadi penambahan kasus signfikan yang  menyebabkan Pertamina mengeluarkan kebijakan Pencegahan COVID?19 di lingkungan pertamina group.

“Dampak dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan penurunan beban listrik hingga 24%, namun aktivitas operasi geothermal dengan jumlah tersebut akan terus menyesuaikan, dan optimis operasional di industri geothermal agar terus tetap berjalan dengan baik.

“PGE telah mengembangkan beberapa aplikasi digital yang mendukung tetap terjaganya produktivitas selama masa pandemi Covid?19 agar aktivitas esensial yang harus tetap berjalan untuk operasi new normal.

Dengan berbagai keterbatasan, aktivitas operasional bisnis PGE masih berjalan dengan baik, hingga lebih dari 3 bulan setelah pemberlakukan WFH dan mulai memasuki masa transisi New Normal.

PGE telah membina Sumber Daya Manusia yang mampu menjawab tantangan yang terjadi pada saat terjadinya pandemi Covid 19, untuk secara sustain mengelola produksi energi panas bumi antara lain melalui penyesuaian prosedur kerja yang didukung dengan inovasi di bidang teknologi informasi yang telah established, adaptif dan scalable.

PPSDM KEBTKE siap melayani kebutuhan pengembangan sumber daya manusia bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-07-01 15:30:00
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.