IDENTIFIKASI BAHAYA DAN PENILAIAN RISIKO KEGIATAN KETENAGALISTRIKAN

" IDENTIFIKASI BAHAYA DAN PENILAIAN RISIKO KEGIATAN KETENAGALISTRIKAN "
sri asih

Rabu, 1 Juli 2020

PPSDM KEBTKE selenggarakan Pelatihan Sistem Distance Learning “Identifikasi Bahaya Dan Penilaian Risiko Kegiatan Ketenagalistrikan”, pada tanggal 1 Juli 2020, yang diikuti 24 orang yang terdiri dari Ditjen Ketenagalistrikan, Dinas ESDM Provinsi Riau, Lampung, Sumatera Selatan dan NTB, Politeknik Negeri Surabaya, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, PT Kusuma Hadi Santosa, CV. Naufal Teknik, PT Indonesia Energi Dinamika, Balai Besar Teknologi Konservasi Energi (B2TKE), PT Graha Usaha Teknik, Sebagai pengajar Agus Yulianto S.T., M.KKK Widyaiswara PPSDM KEBTKE.

Adapun materi yang disampaikan terdiri dari Kegiatan Ketenagalistrikan, Potensi Bahaya Kegiatan Ketenagalistrikan, Penilaian Risiko Bahaya Kegiatan Ketenagalistrikan, Penanganan Bahaya Kegiatan Ketenagalistrikan, Penyusunan IPBR Kegiatan Ketenagalistrikan, Menyelesaikan soal uji komprehensif.

Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang dapat mengidentifikasi bahaya, penilaianan risiko dan pengendalian bahaya di kegiatan ketenagalistrikan sesuai prosedur dan persyaratan standar yang berlaku.

“Sejak dicanangkannya Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang ketenagalistrikan diperlukan untuk lebih menjamin keselamatan umum, keselamatan kerja, keamanan instalasi, dan kelestarian fungsi lingkungan dalam penyediaan tenaga listrik, kata Laode Sulaeman Kepala PPSDM KEBTKE.

“Untuk itu diperlukan suatu program identifikasi bahaya dan penilaian risiko untuk ketenagalistrikan, yang didalamnya terdapat proses mengendali bahaya pada suatu pekerjaan.

Hal-hal yang perlu kita ketahui Listrik telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, keselamatan ketenagalistrikan menjadi hal yang sangat penting, ini bertujuan untuk mewujudkan kondisi yang andal dan aman bagi instalasi, aman dari bahaya bagi manusia dan makhluk hidup lainnya, serta ramah lingkungan, tuturnya.

Setelah mengikuti pelatihan ini harapan kami, para peserta dapat memahami Kegiatan Ketenagalistrikan, Identifikasi Bahaya Kegiatan Ketenagalistrikan, Penilaian Risiko Bahaya Kegiatan Ketenagalistrikan, Pengendalian Bahaya Kegiatan Ketenagalistrikan, dan Penyusunan IBPR Kegiatan Ketenagalistrikan, juga dapat diimplementasikan di tempat tugas maupun dirumah masing-masing, imbuhnya.

PPSDM KEBTKE berkomitmen dan mendukung pada zona Integritas untuk menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Melalui “GOOD GOVERNANVE AND CLEAN GOVERNMENT”, ragam upaya peningkatan layanan dilaksanakan di semua lini.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id


Penerbit : sri asih - 2020-07-01 16:41:58
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.