MEMANFAATKAN ENERGI SURYA YANG RAMAH LINGKUNGAN

" MEMANFAATKAN ENERGI SURYA YANG RAMAH LINGKUNGAN "
sri asih

Kamis, 2 Juli 2020

PPSDM KEBTKE selenggarakan Pelatihan Sistem Distance Learning “Instalasi Rooftop Pv Untuk Rumah Tinggal”, pada tanggal 2 s.d 3 Juli 2020, yang diikuti 17 peserta yang terdiri dari Dinas ESDM, PT PLN (Persero), Politeknik Bosowa, Politeknik Negeri Jakarta, Institut Teknologi PLN Jakarta, Universitas Papua, PT HPSI, PT. Quadran Inovasi Karya Bersama, PT Hijau Makmur Energi, PT Indo Tenaga Hijau, PT. Asa Cipta Asri Energi, Koaksi Indonesia, Perseorangan,

Adapun materi yang disampaikan terdiri dari Pengenalan PLTS atap, Teori Pembangunan dan Pemasangan PLTS Atap, Pembangunan dan Pemasangan PLTS Atap, Pemeriksaan dan Pengujian PLTS Atap.

Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang siap dan dapat melaksanakan instalasi Rooftop PV (PLTS Atap) sesuai prosedur dan persyaratan standar yang berlaku.

Memanfaatkan instalasi solar PV rooftop secara optimal, dianggap penting dalam upaya mendorong pencapaian target pemanfaatan Energi Baru, Terbarukan atau biasa disebut dengan EBT sebagai sumber pembangkit listrik, untuk dapat mempercepat pencapaian target EBT 23% pada tahun 2025, kata Laode Sulaiman Kepala PPSDM KEBTKE.

“Solar PV rooftop sebagai energi terbarukan yang ramah lingkungan

membangun kesadaran dan mengakselerasi pemanfaatan teknologi sel surya (solar photovoltaic) dan aplikasinya untuk solar PV rooftop (sistem pembangkit listrik surya di atap).

“Seperti contoh pada negara India pada tahun 2017 telah meluncurkan kereta bertenaga surya pertama yang ramah lingkungan, energi panel surya digunakan untuk menyalakan lampu internal, kipas angin, dan sistem kelistrikan lainnya di dalam kereta, tuturnya

“Pemanfaatan atap rumah sebagai sumber listrik dapat menjadi pilihan untuk memaksimalkan ruang bangunan, terlebih listrik yang dihasilkan gratis dan bebas poluis. Penggunaan panel surya pada atap rumah dapat menjadi solusi penyediaan energi beribih, katanya.

Harapan kami, setelah mengikuti pelatihan ini para peserta dapat memahami instalasi Rooftop PV, Instalasi Rooftop PV Rumah Tinggal, menerapkan teknis pembangunan pemasangan dan pemeliharaan PLTS, juga dapat diimplementasikan di tempat tugas maupun dirumah masing-masing, imbuhnya.

PPSDM KEBTKE berkomitmen dan mendukung pada zona Integritas untuk menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Melalui “GOOD GOVERNANVE AND CLEAN GOVERNMENT”, ragam upaya peningkatan layanan dilaksanakan di semua lini.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id


Penerbit : sri asih - 2020-07-02 10:44:37
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.