PENTINGNYA REGULASI KETENAGALISTRIKAN

" PENTINGNYA REGULASI KETENAGALISTRIKAN "
sri asih

Senin, 7 Juli 2020

PPSDM KEBTKE selenggarakan Pelatihan Sistem Distance Learning “Regulasi Ketenagalistrikan”, pada tanggal 7 Juli 2020, yang diikuti 27 peserta yang terdiri dari Ditjen Ketenagalistrikan, Dinas, Badan Usaha/Industri, BPPT, dan juga Perguruan Tinggi.

Adapun materi yang disampaikan terdiri dari Regulasi Bidang Ketenagalistrikan membahas berbagai Undang-Undang Ketenagalistrikan, dilanjutkan dengan Keselamatan Ketenagalistrikan membahas Ketentuan Keselamatan Ketenagalistrikan bersertifikasi, Standar Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan (SKTTK), membahas standar kompetensi dan penerapan Okupasi Jabatan.

Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga teknik yang memahami regulasi ketenagalistrikan, keselamatan ketenagalistrikan,standar kompetensi tenaga teknik ketenagalistrikan (SKTTK).

PPSDM KEBTKE bernaung di bawah KESDM dengan tugas melaksanakan pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan, dan konservasi energi, Laode Sulaiman menyampaikan dalam perkenalannya.

“Pelatihan Regulasi Ketenagalistrikan adalah hal yang paling penting, dan patut diketahui dan diikuti, karena energi listrik merupakan suatu kebutuhan primer sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat hampir tidak ada aktifitas social yang tanpa menggunakan tenaga listrik.

“Bagaimana regulasi ini menciptakan kondisi yang kondusif  pada proses investasi ketenagalistrikan, bagaimana berinvestasi di pembangkitan, transmisi, distribusi dalam tanda kutif pengusahaan ketenagalistrikan di indonesia masih berbeda dengan negara lainnya, dari sabang sampai merauke masih di operasikan oleh PLN.

Bagaimana regulasi ketenagalistrikan ini bisa menjamin proses keselamatan ketenagalistrikan, keselamatan umum, keselamatan kerja, keamanan instalasi, dan kelestarian fungsi lingkungan dalam penyediaan tenaga listrik dan pemanfaatan tenaga listrik, oleh karena itu, perlu penyiapan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang ketenagalistrikan, katanya.

Sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan memberikan pengertian umum bahwa Ketenagalistrikan adalah segala sesuatu yang menyangkut penyediaan dan pemanfaatan tenaga listrik serta usaha penunjang tenaga listrik.

Dengan adanya pelatihan ini peserta dapat sharing dengan pakar-pakar yang mempunyai segudang ilmu ketenagalistrikan, bukan sekedar sharing namun dapat menyerap ilmunya sehingga dapat diterapkan di tempat tugas masing-masing, imbuhnya.

PPSDM KEBTKE berkomitmen dan mendukung pada zona Integritas untuk menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Melalui “GOOD GOVERNANVE AND CLEAN GOVERNMENT”, ragam upaya peningkatan layanan dilaksanakan di semua lini.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id


Penerbit : sri asih - 2020-07-07 10:23:51
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.