INTRODUCTION TO ENERGY MANAGEMENT SYSTEM ISO 50001:2018 TRAINING

" INTRODUCTION TO ENERGY MANAGEMENT SYSTEM ISO 50001:2018 TRAINING "
davin

Senin, 13 Juli 2020
PPSDM KEBTKE selenggarakan Pelatihan “Introduction to Energy Management System ISO 50001:2018 Training” (Distance Learning). Kegiatan ini sebagai pelatihan perdana yang dilaksanakan secara virtual, kegiatan berlangsung hari ini Senin, 13 Juli 2020. 
Kegiatan pelatihan diikuti 53 orang peserta, yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara, Industri/Badan Usaha, Universitas, serta masyarakat Umum.
Adapun materi yang disampaikan tentang Introduction, Content Organization, Planning Operation Performance Evaluation, Leadership, Support and Improvement, sedangkan pemateri oleh  Rr. Endang Widayati Praktisi EnMS ISO 50001.
Kepala PPSDM KEBTKE Laode Sulaeman menjelaskan kegiatan pelatihan ini bertujuan agar peserta mampu untuk menjelaskan benefit dari implementasi sistem manajement energi: SNI ISO 50001:2018.
Proyeksi IMF mencanangkan bahwa Indonesia sudah berada di level lebih tinggi daripada level sebelumnya, kita sudah berada  diatas level negara berkembang dan menuju ke level  negara maju. Artinya kita harus sudah mulai menerapkan prinsip-prinsip yang diadopsi oleh suatu negara maju di dalam pengelolaan energinya, salah satunya adalah menerapkan prinsip-prinsip energi. 
Ia pun menyampaikan, ini penting untuk kita serap ilmu dan implementasinya karena menyangkut status negara kita menuju negara maju, kalau negara kita sudah menuju negara maju suatu saat industri-industri sudah berkembang tentu pemanfaatan energi pada industri tersebut  merupakan hal yang krusial atau hal yang paling penting, satu hal yang melatarbelakangi pentingnya pelaksanaan pelatihan ini.
“Walaupun kita memiliki resources energi yang banyak katakanlah kita memiliki oil and gas, memiliki coal atau batubara dan tentu resourses energi lainnya seperti renewable energy, air, matahari, bayu, namun tanpa manajemen yang baik dari sumber energi tersebut kita tidak akan bisa memanfaatkan sumber-sumber energi dengan secara optimal. 
“Ketika kita sudah mampu mengelola energi sendiri dari sisi hulunya, hendaknya disisi hilirnya juga kita mampu memanfaatkannya secara efesien, tidak hanya menghasilkannya dalam bentuk resourses atau bahan baku energi saja tapi pada saat kita memanfaatkan atau menggunakan energi secara efesien, tujuannya untuk menjamin pemanfaatan energi jangka panjang agar tidak boros, katanya.
"Saya berharap, setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat mengimplementasikan ilmunya, kalaupun belum bisa di gedung setidaknya di skup yang lebih kecil dulu, misalnya di rumah atau di tempat kos bagi mahasiswa karena ilmu ini adalah ilmu implementable, jelasnya.
Mari kita jaga bersama pengelolaan penggunaan energi yang baik dan efisien untuk masa depan yang lebih baik!
Selain itu, PPSDM KEBTKE berkomitmen dan mendukung, pada zona Integritas untuk menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Melalui “GOOD GOVERNANVE AND CLEAN GOVERNMENT”, ragam upaya peningkatan layanan dilaksanakan di semua lini.
"Kami "SIAP" menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi" lanjutnya
 
PPSDM KEBTKE Tangguh Penuh Energi !!!
Kerja Cepat, Cermat, Produktif" tambahnya.
Bagi anda yang berminat ikut  pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum. Silahkan hubungi: 
Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)
Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id
Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id
(SA)


Penerbit : davin - 2020-07-13 11:18:25
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.