PELATIHAN PENGENALAN PERANGKAT LUNAK LONG-RANGE ENERGY ALTERNATIVE PLANNING (LEAP) UNTUK PERENCANAAN

" PELATIHAN PENGENALAN PERANGKAT LUNAK LONG-RANGE ENERGY ALTERNATIVE PLANNING (LEAP) UNTUK PERENCANAAN "
sri asih

PELATIHAN PENGENALAN PERANGKAT LUNAK LONG-RANGE ENERGY ALTERNATIVE PLANNING (LEAP) UNTUK PERENCANAAN ENERGI

Kamis, 14 Oktober 2020

PPSDM KEBTKE menyelenggarakan pelatihan Pengenalan Perangkat Lunak Long-range Energy Alternative Planning (LEAP) untuk Perencanaan Energi (Distance Learning), yang dilaksanakan pada tanggal 14 - 15 Oktober 2020.

Pelatihan ini juga sebagai bagian dari komitmen PPSDM KEBTKE dalam membantu menyiapkan tenaga-tenaga terampil untuk meningkatkan kualitas penyusunan Rencana Umum Energi Daerah (RUED), Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAD GRK) dan Kajian-kajian kebijakan energi baik pada skala nasional maupun regional/wilayah.

Peserta yang hadir pada batch-1 ini berasal dari kalangan industri, BUMN (PT. PLN), Perguruan Tinggi dan Pemerintah.

Special thanks to Charlie Heaps, Energy Modeling Program Director at SEI-US, for supporting this training.

Adapun materi yang disampaikan terdiri dari Dasar Perencanaan Energi, Data dalam Pemodelan Energi, Pengenalan Model LEAP, Praktik Penyusunan Perencanaan Energi, Evaluasi, Tugas dan Praktik Mandiri, serta sesi diskusi, sebagai pengajar Erick Hutrindo, S.T., M.T., Widyaiswara dari PPSDM KEBTKE.

Tujuan pelatihan ini peserta mampu untuk menghasilkan tenaga teknik yang dapat menggunakan perangkat lunak long-range energy alternative planning (LEAP) sebagai tools untuk membuat perencanaan energi.

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan diharapkan peserta mengerti dan mampu menjelaskan dasar perencanaan energi, data dalam pemodelan energi, pengenalan model LEAP, melaksanakan praktik penyusunan perencanaan energi, dan melaksanakan evaluasi.

PPSDM KEBTKE siap menciptakan sumber daya manusia yag kompeten melalui pelatihan dan sertifikasi.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

PPSDM KEBTKE berkomitmen dan mendukung, pada zona Integritas untuk menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Melalui “GOOD GOVERNANCE AND CLEAN GOVERNMENT”, ragam upaya peningkatan layanan dilaksanakan di semua lini.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-10-15 14:09:06
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.