PELATIHAN DAN UJI KOMPETENSI SEBAGAI BENTUK LAYANAN KESDM UNTUK MASYARAKAT INDONESIA

" PELATIHAN DAN UJI KOMPETENSI SEBAGAI BENTUK LAYANAN KESDM UNTUK MASYARAKAT INDONESIA "
sri asih

PELATIHAN DAN UJI KOMPETENSI SEBAGAI BENTUK LAYANAN KESDM UNTUK MASYARAKAT INDONESIA

Senin, 19 Oktober 2020

Dalam rangka peningkatan kompetensi sumber daya manusia di bidang ketenagalistrikan, Pusat Pengembangan SDM Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE), Badan Pengembangan SDM ESDM, Kementerian ESDM, bekerjasama dengan Asosiasi Profesional Elektrikal-Mekanikal (APEI) pengurus Daerah Banten menyelenggarakan pelatihan dan uji kompetensi Pembangunan dan Pemasangan Instalasi Pemanfaatan Listrik Tegangan Rendah Bagi Pelaksana Madya (E-Learning dan Klasikal), kegiatan ini dibagi menjadi 2 batch, batch – 1 diselenggarakan di Serang, dan batch – 2 diselenggarakan di Tangerang, Banten. Dimana pelatihan dilaksanakan pada tanggal 19 - 23 Oktober 2020, uji kompetensi pada tanggal 26 – 28 Oktober 2020.

Pelatihan dan uji kompetensi ini ditujukan untuk memberikan bekal bagi masyarakat, khususnya dalam Pembangunan dan Pemasangan Instalasi Pemanfaatan Listrik Tegangan Rendah, guna mendapatkan pekerjaan atau merintis usaha mandiri, melalui kompetensinya yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi.

Laode Sulaeman selaku Kepala PPSDM KEBTKE menyampaikan bahwa salah satu Prioritas Pemerintah tahun 2020 - 2024 adalah "Pembangunan Sumber Daya Manusia". Kekuatan SDM suatu bangsa selain menggambarkan "daya saing" nasional di kancah internasional, juga menunjukkan kesiapan kita menuju posisi negara "maju".

Hari ini PPSDM KEBTKE melaksanakan pelatihan bagi Masyarakat untuk penguatan sumber daya manusia Bidang Ketenagalistrikan yang seluruhnya dianggarkan oleh PPSDM KEBTKE sebagai bagian dari Program Penguatan SDM Nasional yang berdaya saing dan unggul, tuturnya.

Adapun materi yang disampaikan terdiri dari Regulasi Ketenagalistrikan, Persyaratan Umum Instalasi Listrik, Dasar Listrik, Komponen Instalasi Pemanfaatan Listrik Tegangan Rendah 1 Fasa dan 3 Fasa, Instalasi Penerangan, Motor Listrik, Sistem Kendali Motor Listrik, Praktek Instalasi Penerangan, Praktek Motor Listrik, sebagai pengajar, Widyaiswara dari PPSDM KEBTKE.

Tujuan pelatihan ini untuk menghasilkan menghasilkan sumber daya manusia yang dapat melaksanakan pembangunan dan pemasangan listrik tegangan rendah sesuai prosedur dan persyaratan standar yang berlaku.

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan memahami regulasi ketenagalistrikan, persyaratan umum instalasi listrik, dasar listrik, komponen instalasi pemanfaatan listrik tegangan rendah 1 fasa dan 3 fasa, instalasi penerangan, motor listrik, dan sistem kendali motor listrik.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

PPSDM KEBTKE berkomitmen dan mendukung, pada zona Integritas untuk menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Melalui “GOOD GOVERNANCE AND CLEAN GOVERNMENT”, ragam upaya peningkatan layanan dilaksanakan di semua lini.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-10-19 16:45:49
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.