STUDI KELAYAKAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) ROOFTOP BERSAMA PPSDM KEBTKE

" STUDI KELAYAKAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) ROOFTOP BERSAMA PPSDM KEBTKE "
sri asih

STUDI KELAYAKAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) ROOFTOP BERSAMA PPSDM KEBTKE

Kamis, 19 November 2020

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Studi Kelayakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop (Sistem Distance Learning) pada tanggal, 19 sampai dengan 20 November 2020.

PLTS Rooftop On Grid (PLTS Atap / Surya Atap / Solar Rooftop) adalah sistem pembangkitan listrik matahari dimana PLTS beroperasi paralel dengan grid (jaringan listrik PLN) yang ditujukan untuk penghematan konsumsi listrik PLN / grid. Dinamakan rooftop karena umumnya panel surya diletakkan di atas atap bangunan (rumah/gedung).

Tujuan pelatihan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang dapat melaksanakan studi kelayakan PLTS Rooftop.

Materi yang disampaikan terdiri dari PLTS Rooftop, Studi Potensi dan Kebutuhan Energi Pengguna PLTS Rooftop, Studi Keteknikan Penggunaan PLTS Rooftop, Studi Keekonomian Pemanfaatan PLTS Rooftop, Diskusi dan Tanya Jawab, sebagai pengajar Raden Waluyo Jati Soemowidagdo, S.T., Agus Yulianto S.T., M.KKK, Widyaiswara dari PPSDM KEBTKE.

Setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan ini peserta diharapkan dapat memahami PLTS Rooftop, Studi Keteknikan Penggunaan PLTS Rooftop, Studi Keekonomian Pemanfaatan PLTS Rooftop.

Elin Lindiasari selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan Sarana dan Prasarana Pengembangan SDM menyampaikan bahwa pelatihan ini cukup singkat hanya 2 hari, namun demikian kami harapkan para peserta bisa mendapatkan insert yang maksimal dari para pengajar, kami harapkan para peserta semua bisa berdiskusi dengan para pengajar dan memanfaatkan  waktu sebaik-baiknya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa penggunaan dari PLTS Rooftop sangat digalakkan oleh pemerintah, untuk bisa memasangnya perlu adanya studi kelayakan walaupun itu sangat sederhana tetapi juga sampai yang kontek, jelasnya.

Semoga ilmu yang didapatkan dapat diimplementasikan di tempat tugas masing-masing, dan juga dapat diimplemetasikan di rumah tinggal, tutup Elin.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

PPSDM KEBTKE berkomitmen dan mendukung, pada zona Integritas untuk menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Melalui “GOOD GOVERNANCE AND CLEAN GOVERNMENT”, ragam upaya peningkatan layanan dilaksanakan di semua lini.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-11-19 10:34:48
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.