WEBINAR PPSDM KEBTKE BERTAJUK BEST PRACTICE: IMPLEMENTASI MANAJEMEN ENERGI DI INDUSTRI MIGAS

" WEBINAR PPSDM KEBTKE BERTAJUK BEST PRACTICE: IMPLEMENTASI MANAJEMEN ENERGI DI INDUSTRI MIGAS "
sri asih

WEBINAR PPSDM KEBTKE BERTAJUK BEST PRACTICE: IMPLEMENTASI MANAJEMEN ENERGI DI INDUSTRI MIGAS

Rabu, 25 November 2020

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) mengadakan webinar bertajuk “Best Practice: Implementasi Manajemen Energi Di Industri Migas” melalui aplikasi Zoom, dan Live streaming You Tube, dan Face Book PPSDM KEBTKE.

Adapun, pembicara yang hadir dalam acara webinar kali ini, di antaranya Prahoro Yulijanto Nurtjahyo, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM, Hariyanto, Direktur Konservasi Energi Direktorat EBTKE, Joko Pranoto General Manager Refinery Unit IV Cilacap PT Pertamina.

Seperti yang kita ketahui bersama, Industri Migas Indonesia adalah Industri strategis dalam peranannya sebagai salah satu sumber pendapatan Negara dan sumber energi Nasional. Sistem Kelola pada Industri Migas pastinya harus efisien agar kerugian/losses dalam proses kegiatan mulai dari sektor hulu sampai sektor hilir dapat diminalisir. Salah satu cara/upaya dalam meningkatkan performansi sistem kelola energi pada industri migas adalah penerapan/implementasi sistem manajemen energi, ungkap Kepala Badan Pengembangan SDM ESDM yang akrab dipanggil Prahoro.

Iapun menyampaikan bahwa sebagai upaya dalam rangka mempromosikan penerapan efisiensi dan konservasi energi diadakan ajang penghargaan tertinggi Kementerian ESDM kepada para stakeholder’s yang memiliki prestasi luar biasa dalam memajukan sektor ESDM yaitu Penghargaan Soebroto/Soebroto Award. Penghargaan Soebroto khususnya Bidang Efisiensi Energi Nasional adalah apresiasi kepara para pengguna energi baik Pemerintah maupun swasta yang telah berhasil menerapkan upaya-upaya konservasi energi di lingkungan masing-masing serta mendorong seluruh pengguna energi untuk melakukan konservasi energi. Salah satu pemenang dalam Penghargaan Soebroto Tahun 2019 kategori Manajemen Energi pada Industri besar adalah PT Pertamina Refinery Unit IV Cilacap.

Besar harapan kami, melalui momentum webinar kali ini dapat menambah wawasan kita mengenai implementasi manajemen energi pada industri migas, pungkasnya.

Hariyanto, Direktur Konservasi Energi Direktorat EBTKE menyampaikan bahwa penggunaan energi nasional belum effisien, potensi energi terbarukan yang melimpah belum termanfaatkan secara optimum.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 70 tahun 2009 tentang Konservasi Energi, dimana pengguna sumber energi dan pengguna energi yang menggunakan sumber energi dan/atau energi lebih besar atau sama dengan 6.000 (enam ribu) setara ton minyak per tahun wajib melakukan konservasi energi melalui manajemen energi, kata Hariyanto.

Indonesia berkomitmen untuk menurunkan emisi GRK sebesar 29% dan BaU pada 2030 dan 41% dengan bantuan internasional, juga telah meratifikasi Paris Agreement pada Oktober 2016 (Undang-undang No.16 tahun 2016), dan menyampaikan ke UNFCCC pada tanggal 6 Nobember 2016.

Manajemen Energi adalah kegiatan terpadu untuk mengendalikan konsumsi energi agar tercapai pemanfaatan energi yang efektif dan efisien untuk menghasilkan keluaran yang maksimal melalui tindakan teknis secara terstruktur dan ekonomis untuk mengoptimalkan pemanfaatan  energi untuk proses produksi dan mengoptimalkan konsumsi bahan baku dan bahan pendukung, ungkap Haryanto.

Sementara itu, Joko Pranoto General Manager Refinery Unit IV Cilacap PT Pertamina  mengatakan bahwa overview RU IV Cilacap merupakan merupakan unit pengolahan minyak terbesar (NCI =dan produsen Avtur tertinggi di Indonesia.

Pada tahun 2019 Pertamina RU IV Cilacap mendapatkan penghargaan Subroto Award 2019, meraih penghargaan juara I Subroto Award 2019 untuk kategori Manajemen Energi Pada Industri Besar dari Kementrian ESDM. Penghargaan Subroto adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian ESDM kepada para stakeholder yang memiliki prestasi dalam memajukan sektor ESDM, ungkap Joko.

Bagaimana kita bisa mendapatkan hal tersebut yaitu Komitmen dari tim manajemen terkait efisiensi energi tertuang dalam Kebijakan Hijau, Menjelaskan tentang target pencapaian EII Energy Intensity Index ) sebesar 102,67 pada tahun 2020 dan terkoneksi dengan RJPP Rencana Jangka Panjang Perusahaan) periode 2018 - 2023 terkait efisiensi energy, tim manajemen secara rutin melakukan weekly meeting untuk melakukan tinjauan diantaranya tinjauan terhadap program program efisiensi energi Pertamina RU IV Cilacap, jelasnya.

Pertamina RU IV Cilacap mempunyai struktur organisasi, terdapat bagian Energy Conservation and Loss Control (ECLC), berperan terhadap penggunaan energi secara efisien dengan menempatkan engineer untuk fokus melakukan monitoring terhadap kinerja serta performance peralatan energi di kilang, beberapa engineer telah mendapatkan sertifikat Auditor Energi dan Manager Energi, tim management telah membentuk struktural fungsional berdasarkan Surat Keputusan.

Salah satu program untuk meningkatkan awareness terhadap energi dengan penerapan EII Dashboard online, sehingga semua pekerja bisa mengetahui capaian performance energi secara realtime, kapan, dan dimanapun, Sebagai salah satu langkah digitalisasi monitoring Pertamina RU IV bersama dengan Pertamina pusat telah melakukan implementasi monitoring BOC (Basic Operational and Equipment Care) secara online, tutupnya.

 

PPSDM KEBTKE berkomitmen dan mendukung, pada zona Integritas untuk menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Melalui “GOOD GOVERNANCE AND CLEAN GOVERNMENT”, ragam upaya peningkatan layanan dilaksanakan di semua lini.

PPSDM KEBTKE siap melayani kebutuhan pengembangan sumber daya manusia bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447)

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764)

Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564)

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149)

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-11-25 15:06:08
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.