PERAN PPSDM KEBTKE DALAM PENGEMBANGAN SDM ENERGI DI INDONESIA PADA KULIAH KAPITA SELEKTA FAKULTAS TE

" PERAN PPSDM KEBTKE DALAM PENGEMBANGAN SDM ENERGI DI INDONESIA PADA KULIAH KAPITA SELEKTA FAKULTAS TE "
sri asih

PERAN PPSDM KEBTKE DALAM PENGEMBANGAN SDM ENERGI DI INDONESIA PADA KULIAH KAPITA SELEKTA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS INDONESIA

Untuk mempersiapkan calon sarjana baru menghadapi dunia pekerjaan/bisnis dengan kompetensi yang lebih memenuhi kebutuhan dunia usaha, industri, dan penelitian, Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia melalui Mata Ajaran Kapita Selekta menyelenggarakan tambahan informasi yang lebih terstruktur lagi.

Kuliah Kapita Selekta untuk mahasiswa/mahasiswi Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia, diselenggarakan pada hari Kamis, 26 November 2020 secara daring.

Laode Sulaeman Kepala PPSDM KEBKE Kementerian ESDM menyampaikan materi “Kuliah Berjudul Penguatan Sdm Bidang Energi Memasuki Dunia Kerja”, dengan 4 bab, yaitu 1) Pendahuluan, berisi isu-isu global dan peluang kerja bidang energi, 2) Tantangan Ketenagakerjaan Nasional, 3) Penguatan SDM Bidang Energi yang terdiri atas Penguatan berbasis Kelembagaan dan Penguatan dr Sisi "Human Personality Development",  serta bab 4) Penutup.

Bahwa Bauran energi primer EBT dalam energimix nasional 9,15% pada tahun 2019 dan kapasitas pembangkit EBT10,3GW atau 12,4% dari kapasitas total pembangkit padatahun 2019 sejumlah 69,1GW.

Daya saing tenaga kerja Indonesia menurut penelitian Institute for Management Development (IMD) menunjukkan, daya saing tenaga kerja Indonesia masih tertinggal dibandingkan sejumlah negara ASEAN seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura. Sementara secarag lobal, Indonesia beradadi peringkat 47 dari 63 negara.

Sejumlah persoalan masih dihadapi Indonesia seperti rendahnya pendidikan pekerja serta ketidaksesuaian (mismatch) antara pendidikan dengan pekerjaan. Menurut data Badan Pusat Statistik(BPS) per Februari2019, pendidikan pekerja Indonesia didominasi oleh lulusan SD kebawah sebanyak 52,40 juta pekerja.

Penguatan SDM dang Energi telah terus diupayakan secara institusional/kelembagaan baik melalui pelatihan vokasi, pemagangan berbasis kompetensi di industri, maupun oleh Lembaga penerbit sertifikasi kompetensi. Kemitraan yang kuat antara institusi pendidikan, Lembaga sertifikasi dan industry adalah syarat mutlak terwujudnya SDM unggul melalui penguatan ini

Selain Keterampilan/Skill Keteknikan,softskill termasuk customer awareness, problem solving, team worker, selfmanagement, dan communication and literacy adalah kunci utama memasuki dunia kerja bidang energi

Pada akhirnya setiap individu akan menjadi bagian dari suatu tim, suatu kelompok komunitas, suatu institusi, suatu organisasi, bahkan bagian dari suatu bangsa. Majunya institusi dan bangsa tersebut tak akan lepas dari kuatnya kualitas SDM yang dimiliki.

Para peserta kuliah antusias dengan banyaknya pertanyaan yang berlangsung total selama 1,5 jam dari Pkl. 16.00 - 17.30 WIB.

PPSDM KEBTKE berkomitmen dan mendukung, pada zona Integritas untuk menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Melalui “GOOD GOVERNANCE AND CLEAN GOVERNMENT”, ragam upaya peningkatan layanan dilaksanakan di semua lini.

PPSDM KEBTKE siap melayani kebutuhan pengembangan sumber daya manusia bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-11-27 13:54:14
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.