PPSDM KEBTKE SELENGGARAKAN PELATIHAN TEKNOLOGI PEMBANGKIT ENERGI LISTRIK BERBASIS ENERGI TERBARUKAN

" PPSDM KEBTKE SELENGGARAKAN PELATIHAN TEKNOLOGI PEMBANGKIT ENERGI LISTRIK BERBASIS ENERGI TERBARUKAN "
sri asih

PPSDM KEBTKE SELENGGARAKAN PELATIHAN TEKNOLOGI PEMBANGKIT ENERGI LISTRIK BERBASIS ENERGI TERBARUKAN

Rabu, 2 Desember 2020

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknologi Pembangkit Energi Listrik Berbasis Energi Terbarukan (Sistem Distance Learning) pada tanggal, 2 sampai dengan 3 Desember 2020.

Beberapa faktor telah mendorong semakin berkembangnya pemanfaatan   berbagai teknologi energi alternatif berbasis energi baru terbarukan dan konservasi energi (EBTKE).

Pengembangan pembangkit EBTKE dilakukan termasuk dengan memanfaatkan   sumber energi terbarukan dari jenis energi aliran dan terjunan air, energi panas bumi termasuk yang skala kecil dan modular, biofuel, energi angin, energi sinar matahari, biomassa, sampah dan lain-lain. Khusus mengenai Pembangkit Listrik EBTKE Tenaga Surya (PLTS), dilakukan pengembangan PLTS menggunakan     panel surya untuk melistriki komunitas terpencil  yang jauh dari jaringan listrik nasional pada daerah tertinggal, pulau-pulau terdepan yang berbatasan dengan  negara tetangga dan pulau-pulau terluar lainnya, artinya sebagai pembangkit listrik tersebar (distributed generation), termasuk pengembangan mikrogrid  untuk daerah-daerah terisolasi yang dalam 2-3 tahun ke depan belum direncanakan untuk dibangun distribusi atau pembangkit termal.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menghasilkan tenaga teknik yang mengenal ragam dan jenis pembangkit yang menggunakan energi non fosil yang berasal dari energi baru terbarukan.

Materi yang disampaikan terdiri dari Tenaga Air, Tenaga Surya, Bioenergi, Panas Bumi, Diskusi dan Tanya Jawab, mengerjakan Tugas Mandiri, sebagai pengajar Didik Hadiyanto, S.T., M.Eng., Pranawaningtyas T D, S.T., M.T, Muhamad Roni Hajianto, S.S.T., M.T., sebagai pengajar Widyaiswara PPSDM KEBTKE.

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan peserta mengerti dan mampu menjelaskan: teknologi yang menggunakan tenaga air, tenaga surya, bioenergi, dan panas bumi, sebagai sumber energi baru terbarukan pada pembangkit energi listrik.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

PPSDM KEBTKE berkomitmen dan mendukung, pada zona Integritas untuk menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Melalui “GOOD GOVERNANCE AND CLEAN GOVERNMENT”, ragam upaya peningkatan layanan dilaksanakan di semua lini.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-12-02 15:22:47
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.