PPSDM KEBTKE MENYELENGGARAKAN PELATIHAN TATA CARA KONSERVASI ENERGI DAN PERHITUNGAN BIAYA LISTRIK PA

" PPSDM KEBTKE MENYELENGGARAKAN PELATIHAN TATA CARA KONSERVASI ENERGI DAN PERHITUNGAN BIAYA LISTRIK PA "
sri asih

PPSDM KEBTKE MENYELENGGARAKAN PELATIHAN TATA CARA KONSERVASI ENERGI DAN PERHITUNGAN BIAYA LISTRIK PADA RUMAH TINGGAL

Senin, 7 Desember 2020

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Tata Cara Konservasi Energi Dan Perhitungan Biaya Listrik Pada Rumah Tinggal (Sistem Distance Learning) pada tanggal, 7 s.d 10 Desember 2020.

Elin Lindiasari selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan Sarana Prasarana Pengembangan SDM dalam laporannya menyampaikan bahwa pelatihan ini adalah angkatan ke - 23 yang ditujukan untuk aparatur KESDM, dengan peserta 22 angkatan pelatihan sebelumnya adalah 580 orang, sebagai komitmen PPSDM KEBTKE dalam meningkatkan nilai Indeks Prestasi (IP) ASN Kementerian ESDM, jelasnya.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menghasilkan Aparatul Sipil Negara yang mampu memahami tata cara konservasi energi dan perhitungan biaya listrik pada rumah tinggal.

Materi yang disampaikan terdiri dari Urgensi Konservasi Energi pada Rumah Tinggal, Regulasi dan Standar Konservasi Energi, Tata Cara Konservasi Energi pada Tata Udara pada Rumah Tinggal, Tata Cara Konservasi Energi pada Tata Cahaya pada Rumah Tinggal, Tata Cara Konservasi Energi pada Peralatan Lainnya pada Rumah Tinggal, Pemahaman Energi Listrik dan Mengenal Tarif Listrik, Perhitungan Biaya Listrik pada Rumah Tinggal, Diskusi dan Tanya Jawab, serta mengerjakan Tugas Mandiri, sebagai pengajar Dr. Drs. Bambang Priandoko, M.T., RR. Endang Widayati, S.T., M.T. Widyaiswara PPSDM KEBTKE.

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta peserta diharapkan memahami: Setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan ini peserta diharapkan memahami: Urgensi Konservasi Energi pada Rumah Tinggal, regulasi dan standar konservasi energi, tata cara konservasi energi pada tata udara dan tata cahaya pada rumah tinggal, tata cara konservasi energi pada peralatan lainnya pada rumah tinggal, dan perhitungan biaya listrik pada rumah tinggal.

Kepala PPSDM KEBTKE Laode Sulaeman dalam sambutannya menyampaikan bahwa bahwa salah satu isu yang sekarang menghangat dan menjadi salah satu fokus dari Pak Menteri ESDM adalah bagaimana meningkatkan Indeks Profesional (IP) dari Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Kementerian ESDM  menjadi penting, semoga pelatihan ini menjadi salah satu pengungkit bagi meningkatkan IP - ASN dilingkungan Kementerian ESDM, jelasnya.

Dari data statistik tahun 2019, sebanyak 5.000 orang dididik di PPSDM KEBTKE. Terdidi dari 1.500 orang untuk pelatihan dan 3.500 orang untuk sertifikasi kompetensi. Sedangkan pada tahun 2020 ini data terbaru menyatakan sudah ada 6,500 peserta didik, terdiri dari 3.000 orang untuk pelatihan dan 3.500 orang untuk sertifikasi kompetensi. Dari sisi jumlah  peserta didik yang dihasilkan PPSDEM KEBTKE, secara prestasi kerja tercapai bahkan tidak mengalami penurunan walaupun dalam keadaan pandemik Covid seperti ini, tuturnya

Jika kita melihat topik diklat pada pagi hari ini, cukup menarik. Ini adalah satu topik diklat yang menjadi tongkat kita untuk menuju kondisi negara maju.  Negara yang sudah maju umumnya sangat memperhatikan aspek konservasi energi bukan hanya dari sisi bagaimana cara menghemat listrik tetapi juga dari sisi mendesign building/bangunan sehingga terjadi proses konservasi energi didalamnya, ungkapnya.

Dan berbagai aspek lain yang diterapkan oleh negara maju lainnya. Kemudian bagaimana juga perhitungan biaya listrik pada rumah tinggal. Seperti yang kita ketahui bahwa  banyak klaim harga listrik kita tinggi. Namun jika dilihat dari data statistic, sebenarnya harga listrik kiita masih rendah bahkan tadi pagi Pak Sekretaris jendral dewan energy nasional, mengirimkan satu data statistic dimana kita adalah negara nomor 5 terendah biaya listriknya di ASEAN.

Ini menjadi penting sehingga kita juga memperhatikan aspek-aspek ketenagalistrikkan ini bukan hanya dari sisi konservasi energi tetapi bagaimana juga rekan-rekan sekalian belajar mendalami bagaimana menghitung biaya listrik pada rumah tiggal, yang mana ini kita alami sehari-hari, tutupnya

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

PPSDM KEBTKE berkomitmen dan mendukung, pada zona Integritas untuk menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Melalui “GOOD GOVERNANCE AND CLEAN GOVERNMENT”, ragam upaya peningkatan layanan dilaksanakan di semua lini.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-12-07 13:04:58
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.