PROPER EMAS LSK PPSDM KEBTKE MENUJU LAYANAN LEBIH PROFESIONAL DAN PRIMA

" PROPER EMAS LSK PPSDM KEBTKE MENUJU LAYANAN LEBIH PROFESIONAL DAN PRIMA "
sri asih

PROPER EMAS LSK PPSDM KEBTKE MENUJU LAYANAN LEBIH PROFESIONAL DAN PRIMA

Rabu, 23 Desember 2020

Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan menyerahkan piagam apresiasi kepada 30 Lembaga Sertifikasi Ketenagalistrikan yang mendapatkan penghargaan penilaian kinerja periode 2019-2020.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap salah satu jenis usaha jasa penunjang tenaga listrik dan agar senantiasa menjaga kinerja dalam ketentuan keselamatan ketenagalistrikan.

PPSDM KEBTKE lembaga sertifikasi yang mendapatkan hasil penilaian dengan tingkat kinerja EMAS mendapatkan sertifikat penghargaan atas kinerja yang telah dicapai.

Direktur Jendral Ketenagalistrikan, Rida Mulyana menyampaikan bahwa Lembaga Sertifikasi Ketenagalistrikan, sebagai lembaga yang mendapatkan penunjukan atau akreditasi Menteri ESDM, merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah yang berhadapan langsung dengan masyarakat dalam pelaksanaan sertifikasi di sektor ketenagalistrikan.

Baik buruknya kinerja dari lembaga sertifikasi ketenagalistrikan akan dilihat sebagai cerminan kinerja pelayanan di Kementerian ESDM khususnya Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan oleh masyarakat, selain itu lembaga sertifikasi juga memiliki peran yang sangat penting dalam pemenuhan Keselamatan Ketenagalistrikan (K2), sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi baik itu sertifikat laik operasi untuk instalasi, sertifikat kompetensi untuk personil, maupun sertifikat badan usaha merupakan pengakuan yang sah dari pemerintah terkait dengan kondisi bahwa instalasi maupun kemampuan suatu personil dan badan usaha telah sesuai, ungkapnya.

Apabila lembaga sertifikasi tidak bekerja secara profesional dalam pelaksanaan sertifikasi, maka sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi tersebut tidak dapat menjamin bahwa telah terpenuhinya kaidah-kaidah keselamatan ketenagalistrikan, sehingga dapat membahayakan dan menimbulkan kecelakaan di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, Lembaga Sertifikasi Ketenagalistrikan harus selalu menjaga kinerjanya, mengedepankan profesionalisme dan pelayanan prima kepada seluruh pelanggannya. Diharapkan dengan adanya penilaian kinerja lembaga sertifikasi ketenagalistrikan, melalui kegiatan surveilen/pengawasan, yang dilakukan per tahun, dapat dijadikan sebagai pengingat bagi setiap lembaga sertifikasi agar selalu memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan kegiatan sertifikasi ketenagalistrikan, papar Rida.

Disampaikan juga bahwa hasil dari penilaian kinerja lembaga sertifikasi ini akan menjadi salah satu bahan pertimbangan Panitia Akreditasi Ketenagalistrikan (PAK) dalam memberikan rekomendasi apakah suatu lembaga sertifikasi dapat memperoleh akreditasi ataupun memperpanjang akreditasinya.

Diharapkan penilaian kinerja ini dapat menjadi penyemangat bagi para lembaga sertifikasi untuk terus berlomba lomba dalam meningkatkan kinerja dan pelayanannya kepada masyarakat, sehingga dapat memberikan kontribusi maksimal untuk subsektor ketenagalistrikan dalam perannya menjaga pemenuhan keselamatan ketenagalistrikan, tutupnya.

Kepala PPSDM KEBTKE, Laode Sulaeman mengucapkan Alhamdulillah kami bersyukur prestasi PPSDM KEBTKE tahun ini mencapai peringkat "EMAS", tentunya ini tidak lepas dari peran seluruh mitra energi, dan stakeholders.

Terima kasih atas kepercayaan ini semoga bisa menambah semangat kami untuk terus meningkatkan pengabdian terbaik, menuju Indonesia "maju dan berdaya saing", mari menyongsong tahun 2021 dengan penuh semangat, bekerja dengan pelayanan terbaik dan selalu Cepat, Cermat dan Produktif, ungkap Laode.

PPSDM KEBTKE berkomitmen dan mendukung, pada zona Integritas untuk menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Melalui “GOOD GOVERNANCE AND CLEAN GOVERNMENT”, ragam upaya peningkatan layanan dilaksanakan di semua lini.

PPSDM KEBTKE siap melayani kebutuhan pengembangan sumber daya manusia bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF


Penerbit : sri asih - 2020-12-23 17:30:34
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.