UJI KOMPETENSI INPASSING JABATAN FUNGSIONAL INSPEKTUR KETENAGALISTRIKAN DI PPSDM KEBTKE

" UJI KOMPETENSI INPASSING JABATAN FUNGSIONAL INSPEKTUR KETENAGALISTRIKAN DI PPSDM KEBTKE "
sri asih

UJI KOMPETENSI INPASSING JABATAN FUNGSIONAL INSPEKTUR KETENAGALISTRIKAN DI PPSDM KEBTKE

Awal tahun ini (Rabu, 13 Januari 2021), Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE)  menyelenggarakan Uji Kompetensi Inpassing/Penyesuaian Jabatan Fungsional Inspektur Ketenagalistrikan bersama dengan panitia Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral dan Direktorat Jenderal Ketenagaliostrikan Kementerian ESDM.

Tujuan uji kompetensi ini untuk melaksanakan pemenuhan kebutuhan jabatan fungsional pada tiap organisasi sesuai dengan data pengajuan tiap organisasi dan formasi, dan meningkatkan kinerja organisasi dan mengembangkan karier serta profesionalisme.

Laode Sulaeman selaku Kepala PPSDM KEBTKE dalam sambutannya menyampaikan “dalam rangka pelaksanaan program Reformasi Birokrasi yang merupakan salah satu prioritas program nasional serta mengarah kepada perubahan seperti pelayanan, perbaikan kinerja, kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan kesejahteraan masyarakat Republilk Indonesia maka diperlukanlah aparatur yang handal, bermoral dan professional. Untuk mencapai hal tersebut maka penjaringan pegawai harus lebih selektif dengan memperhatikan kualitas dan kuantitas pegawai”, jelasnya.

Tidak hanya itu saja, demi menata jauh kedepan menuju masyarakat madani sudah seharusnya seluruh kekuatan para PNS selaku aparatur negara mendukung amanah reformasi birokrasi, terutama PNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Berdasarkan penjelasan ini maka tidaklah mengherankan jika program reformasi birokrasi sedang bergulir di lingkungan pemerintah pusat maupun daerah Salah satu upaya menerapkan reformasi birokrasi tersebut dapat dilakukan dengan mendorong jumlah pejabat fungsional diantaranya Inspektur Ketenagalistrikan melalui penyesuaian jabatan/inpassing, ungkap Laode.

Tugas Inspektur Ketenagalistrikan adalah melakukan inspeksi, pengujian, penelaahan proses dan gejala berbagai aspek ketenagalistrikan, mengembangkan metode dan teknik inspeksi, melaporkan dan menyebarluaskan hasil inspeksi. Kami harap, tugas ini dapat diemban sebaik-baiknya oleh para inspektur, sehingga dapat memberikan rekomendasi terbaik di bidang ketenagalistrikan.

Pada tahun 2019, Kementerian ESDM melaksanakan penyesuaian jabatan/inpassing bagi 5 (lima) jabatan fungsional melalui Surat Edaran Sekretaris Jenderal KESDM Nomor 0003.E/08/SJN.0/2019 tanggal 4 April 2019 tentang Pelaksanaan Penyesuaian/Inpassing Jabatan Fungsional Inspektur Minyak dan Gas Bumi, Inspektur Ketenagalistrikan, Inspektur Tambang, Penyelidik Bumi, dan Pengamat Gunung Api. Berdasarkan peraturan tersebut, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral merupakan pelaksana uji kompetensi bagi PNS yang telah lulus seleksi administrasi, imbuhnya.

Peserta Uji Kompetensi yang akan berlangsung kali ini berjumlah 3 (tiga) orang dengan rincian : 1 (satu) orang pada jenjang pertama berasal dari Dinas ESDM Kalimantan Timur (Sdr. Benny Setianto, ST), 2 (dua) orang pada jenjang muda berasal dari Dinas ESDM Kepulauan Riau (Sdr. Robinson Ketaren, ST dan Sdr. Doni Fardian, ST). “Harapan kami para peserta dapat mengikuti ujian ini dengan baik dan dapat lulus sehingga kehadiran Saudara-Saudara dapat memberi kontribusi dan manfaat bagi unit kerja masing-masing”, tutup Laode.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

PPSDM KEBTKE berkomitmen dan mendukung, pada zona Integritas untuk menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Melalui “GOOD GOVERNANCE AND CLEAN GOVERNMENT”, ragam upaya peningkatan layanan dilaksanakan di semua lini.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2021-01-13 13:01:48
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.