PPSDM KEBTKE MENYELENGGARAKAN PELATIHAN REGULASI KETENGALISTRIKAN

" PPSDM KEBTKE MENYELENGGARAKAN PELATIHAN REGULASI KETENGALISTRIKAN "
sri asih

PPSDM KEBTKE MENYELENGGARAKAN PELATIHAN REGULASI KETENGALISTRIKAN

Kamis, 14 Januari 2021

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Regulasi Ketenagalistrikan (Sistem Distance Learning) pada tanggal, 14 sampai Januari 2021.

Rasa syukur yang begitu dalam disampaikan oleh Laode Sulaeman dalam sambutan pembukaan pelatihan bahwa kita masih diberikan kesempatan dapat berkumpul di forum zoom dalam kondisi pandemic covid yang kian mencekam, saya ikut bangga dan gembira karna antusiasme dari peserta baik yang dari industri, maupun dari  perguruan tinggi, semoga dalam sharing ilmu bidang ketenagalistrikan ini dapat diimpelementasikan di kemudian hari.

Kenapa saya sampaikan, karena saya selalu mengulangi atau mengingatkan bahwa kedepan persaingan kita dengan asing semakin ketat, jadi memang kekuatan didalam negeri bisa kita tempuh melalui penguatan dari Sumber daya manusia, kita tidak bisa lagi membatasi masuknya arus tenaga kerja asing yang profesional ke negera kita, kita hanya bisa meningkatkan daya saing untuk memperkuat ketahanan daya saing nasional. Pada satu dua hari kedepan, jelasnya.

Perlu kita ketahui bahwa Kwh perkapita kita secara nasional baru mencapai 1.200 Kwh/kapita, di DKI Jakarta sudah diatas 3.000 namun di negara-negara yang sudah lebih maju seperti Singapore mereka sudah 8.000 Kwh/kapita, itu artinya kita juga harus meningkatkan Kwh perkapita untuk nantinya selevel dengan negara lain. Tentu ini PR untuk kita semua karna Indonesia adalah negara yang besar, jika hanya bicara Pulau Jawa mungkin tidak akan sulit untuk mencapai hal tersebut karna banyak industri yang sudah tumbuh tetapi jika kita bicara skala nasional atau Indonesia maka ini perlu effort dari kita semua, itu yang pertama kata Laode.

Yang kedua, kedepan akan banyak kawasan industri yang dibuka, yang dikembangkan sebetulnya bukan kedepannya, sejak beberapa tahun ini kawasan industri tersebut sudah dibuka namun untuk lebih pastinya agar kawasan-kawasan ini nantinya dapat memberikan suatu demand kepada sektor ketenagalistrikan maka dalam beberapa tahun ini akan dipercepat sehingga dengan terbentuknya kawasan industri tersebut maka konsumsi perkapita dari listrik juga akan naik. Bukan hanya industri dari sisi sumber daya alam (seperti tambang, dll) tetapi juga industri yang berbasis pariwisata dan lain-lain ini juga kita kembangkan dan ujungnya adalah pemanfaatan energi listrik yang jumlahnya signifikan dan lebih besar.

Lalu yang ketiga, saya harapkan para peserta mengikuti pelatihan ini dengan baik dan nantinya bisa mengimplementasikan hasil dari pelatihan ini ke institusinya masing-masing dalam rangka penguatan sumber daya manusia nasional.

Saya sampaikan juga kepada seluruh peserta diklat bahwa alhamdulillah walaupun di masa pandemi, grafik alumni dari PPSDM KEBTKE ini tetap naik, tahun lalu sudah mencapai 5.000 orang maka tahun ini sudah hampir mencapai 7.000 orang. Dari 7.000 orang tersebut, 3.700 adalah alumni dari sisi sertifikasi kompetensi dan sisanya dari peserta pelatihan, pada tahun 2020 PPSDM KEBTKE memperoleh predikat proper emas untuk LSK PPSDM KEBTKE, Insya Alloh kita bisa terus bermitra dan mari kita majukan SDM energi nasional bersama-sama. karna dengan jejaring yang kuatlah kita bisa mewujudkan hal tersebut, tutup Laode.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu memahami regulasi ketenagalistrikan, sebagai pengajar Ir. Arief Indarto, M.M. Widyaiswara PPSDM KEBTKE.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

PPSDM KEBTKE berkomitmen dan mendukung, pada zona Integritas untuk menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Melalui “GOOD GOVERNANCE AND CLEAN GOVERNMENT”, ragam upaya peningkatan layanan dilaksanakan di semua lini.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447), Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764), Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564), Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490) Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149), Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2021-01-14 12:12:04
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.