Penyelenggaraan Pelatihan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Bagi Tenaga Teknik Bersama PPSDM KEBTKE

Penyelenggaraan Pelatihan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Bagi Tenaga Teknik Bersama PPSDM KEBTKE

Penyelenggaraan Pelatihan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Bagi Tenaga Teknik Bersama PPSDM KEBTKE

 

Di masa sekarang pasokan listrik darurat menjadi kebutuhan yang bisa dibilang penting untuk bangunan-bangunan besar yang menghindari pemadaman ketika pasokan listrik utama mengalami masalah. Pasokan listrik darurat yang di gunakan berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) atau yang biasa dikenal dengan Genset. Genset dipilih sebagai pasokan listrik darurat pada bangunan-bangunan besar karena banyak yang sudah menggunakan dan banyak spesifikasi yang bisa di pilih sesuai dengan kebutuhan.

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Uji Laik Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Sistem Distance Learning pada tanggal, 18 sampai dengan 19 Mei 2022 secara online melalui aplikasi zoom.

 

Rifka Sofianita Plt. Sub Koordinator Penyelenggaraan Pengembangan SDM mewakili Kepala PPSDM KEBTKE Laode Sulaeman telah membuka kegiatan pelatihan ini, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan pelatihan ini untuk menghasilkan tenaga teknik ketenagalistrikan yang dapat melaksanakan pemeriksaan dan pengujian laik operasi untuk PLTD/Genset sesuai prosedur dan standar yang berlaku, ungkap Rifka

 

Materi pelatihan yang disampaikan terdiri dari Regulasi Uji Laik Operasi, Pengetahuan Dasar, Pemeriksaan Dokumen dan Kesesuaian Desain, Pemeriksaan Visual dan Evaluasi Hasil Uji Peralatan dan Sistem Mekanik  dan Sistem Elektrik, Pengajuan Unit, Pemeriksaan Dampak Lingkungan dan Pemeriksaan Pengelolaan Sistem Proteksi Korosif PLTD, serta membuat laporan.

 

Sebagai pengajar pada kegiatan pelatihan ini Raden Waluyo Jati Soemowidagdo, S.T., M.T., Muhamad Zuhud Andrya, S.T., M.En., M. Awaluddin Alafghani, S.T., M.B.A., Widyaiswara dari PPSDM KEBTKE.

 

Lanjut Rifka, setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mengetahui dan mampu menjelaskan: Regulasi Uji Laik Operasi, Pengetahuan Dasar PLTD, Pemeriksaan Dokumen dan Kesesuaian Desain, Pemeriksaan Visual dan Evaluasi Hasil Uji Peralatan dan Sistem Mekanik PLTD, Pemeriksaan Visual dan Evaluasi Hasil Uji Peralatan dan Sistem Elektrik PLTD, Pengajuan Unit, Pemeriksaan Dampak Lingkungan dan Pemeriksaan Pengelolaan Sistem Proteksi Korosif, serta membuat laporan

 

PPSDM KEBTKE sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat kami PPSDM KEBTKE saat ini telah memiliki predikat sebagai wilayah bebas korupsi atau disebut WBK.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Anda.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)