Frequently Asked Questions

Bagaimana cara mengikuti Pelatihan PPSDM KEBTKE?

Anda dapat menghubungi kontak person atau mengisi biodata peserta yang tersedia dalam flyer pelatihan

Bagaimana cara mengetahui jadwal kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE?

Anda bisa mendapatkan informasi terkait jadwal pelatihan yang diselenggarakan dapat dilihat pada website https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/diklat dan media sosial PPSDM KEBTKE https://linktr.ee/ppsdm_kebtke

Apa saja persyaratan mengikuti Pelatihan yang diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE?

Anda dapat mengetahui persyaratan pelatihan di dalam flyer pelatihan. Namun apabila pada flyer tidak terdapat persyaratan tertentu, maka pelatihan dapat diikuti oleh semua calon peserta.

Apakah kegiatan pelatihan dari PPSDM KEBTKE bisa diikuti oleh masyarakat umum?

Bisa. Pelatihan dengan skema BLU (Badan Layanan Umum) dapat diikuti oleh masyarakat umum. Pelatihan yang diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE terdiri atas pelatihan ASN, pelatihan masyarakat dan pelatihan skema Badan Layanan Umum (BLU).

Pelatihan apa saja yang diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE?

Pelatihan di bidang ketenagalistrikan, energi baru terbarukan, dan konservasi energi. Untuk lebih jelasnya, dapat mengunjungi laman website https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/diklat

Apakah ada pelatihan dari PPSDM KEBTKE yang gratis?

Ada, yaitu pelatihan untuk ASN KESDM dan program pelatihan masyarakat yang sudah terjadwal setiap tahunnya. Selain itu, PPSDM KEBTKE menyelenggarakan webinar secara gratis. Untuk lebih jelasnya, dapat mengunjungi laman website https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/webinar

Bagaimana cara pembayaran pelatihan PPSDM KEBTKE?

Setelah melakukan pendaftaran, Anda akan mendapatkan invoice dengan menggunakan Virtual Account (VA). Pembayaran dapat dilakukan dengan melakukan transfer ke nomor rekening VA yang diterima sebelum mengikuti pelatihan"

Bagaimana bentuk pelatihan di PPSDM KEBTKE?

Pelatihan di PPSDM KEBTKE bisa diselenggarakan secara online, offline, atau blended

Apakah pelatihan di PPSDM KEBTKE bisa custom/menyesuaikan kebutuhan sesuai dengan kebutuhan perusahaan/korporasi?

Bisa, kami dapat menyelenggarakan pelatihan sesuai kebutuhan perusahaan dan membantu mengidentifikasi kebutuhan pelatihan serta desain kurikulum

Kapan sertifikat pelatihan akan dikirim?

Anda akan mendapat sertifikat pelatihan setelah administrasi pembayaran selesai. Sertifikat pelatihan akan dikirimkan sesuai dengan alamat yang dicantumkan dalam biodata peserta.

Bagaimana cara mengetahui sertifikat saya sudah selesai?

Anda akan mendapatkan informasi dari panitia pelatihan jika sertifikat sudah selesai

Apakah saya bisa mendapatkan soft copy sertifikat saya?

Bisa. Anda dapat menghubungi panitia pelatihan dan setelah menyelesaikan administrasi pembayaran

Apakah sertifikat dari PPSDM KEBTKE diakui secara resmi oleh badan sertifikasi profesi?

Sertifikat pelatihan diterbitkan oleh PPSDM KEBTKE, sedangkan sertifikat kompetensi diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) ESDM atau Lembaga Sertifikasi Ketenagalistrikan (LSK) PPSDM KEBTKE

Apa yang saya lakukan apabila saya menemui kendala dalam pelaksanaan pelatihan?

Anda dapat menghubungi hotline PPSDM KEBTKE 0822-2000-2239

Bagaimana cara mengikuti sertifikasi PPSDM KEBTKE?

Anda dapat menghubungi kontak person sertifikasi yang tersedia dalam flyer

Bagaimana cara mengetahui jadwal sertifikasi yang diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE?

Anda bisa mendapatkan informasi terkait jadwal pelatihan yang diselenggarakan dapat dilihat pada website https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/sertifikasi dan media sosial PPSDM KEBTKE https://linktr.ee/ppsdm_kebtke

Apa itu LSK?

Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) adalah lembaga sertifikasi yang menyelenggarakan uji dan sertifikasi kompetensi bagi peserta didik kursus serta masyarakat yang belajar mandiri. LSK PPSDM KEBTKE dapat melakukan uji dan sertifikasi kompetensi pada sektor ketenagalistrikan dari bidang pembangkit, transmisi, distribusi, dan instalasi pemanfaatan.

Apa itu LSP?

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga pelaksanaan kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). LSP PPSDM KEBTKE dapat melakukan uji dan sertifikasi kompetensi pada bidang panas bumi dan konservasi energi.

Apa saja persyaratan mengikuti sertifikasi yang diselenggarakan PPSDM KEBTKE?

Untuk mengikuti kegiatan sertifikasi :
- Sertifikasi LSK : Anda dapat mengirimkan Surat Permohonan dan mengisi Formulir PP1.1.-1.4. beserta lampirannya
- Sertifikasi LSP : Anda dapat mengisi Formulir Pelatihan Sebelum Pelaksanaan Sertifikasi yang akan diambil beserta lampirannya

Apakah kegiatan sertifikasi dari PPSDM KEBTKE bisa diikuti oleh masyarakat umum ?

Bisa. Kegiatan sertifikasi PPSDM KEBTKE dapat diikuti oleh masyakarat umum.

Sertifikasi apa saja yang diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE?

Sertifikasi di PPSDM KEBTKE diselenggarakan oleh LSK PPSDM KEBTKE dan LSP ESDM. LSK PPSDM KEBTKE menyelenggarakan Sertifikasi Bidang Pembangkit, Distribusi, Transmisi dan Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik. LSP ESDM menyelenggarakan Sertifikasi Manajer Energi, Auditor Energi, Pengawas Operasional Panas Bumi.

Apakah ada sertifikasi dari PPSDM KEBTKE yang gratis?

Anda dapat mengikuti sertifikasi PPSDM KEBTKE yang gratis melalui program Sertifikasi Masyarakat

Bagaimana cara pembayaran sertifikasi PPSDM KEBTKE?

Setelah melakukan pendaftaran, Anda akan mendapatkan invoice dengan menggunakan Virtual Account (VA). Pembayaran dapat dilakukan dengan melakukan transfer ke nomor rekening VA yang diterima sebelum mengikuti pelatihan

Bagaimana bentuk sertifikasi di PPSDM KEBTKE?

Sertifikasi di PPSDM KEBTKE bisa diselenggarakan secara online, offline, atau blended

Kapan sertifikat akan dikirim?

Untuk Sertifikasi LSK, Anda akan menerima sertifikat maksimal selama 14 hari kerja selesai uji kompetensi selesai. Dengan catatan seluruh proses administrasi pembayaran telah selesai dilakukan. Untuk Sertifikasi BNSP, Anda akan mendapatkan sertifikat proses selesai dan dihubungi oleh panitia.

Bagaimana cara mengetahui sertifikat saya sudah selesai?

Anda akan mendapatkan informasi dari panitia pelatihan jika sertifikat sudah selesai

Apakah saya bisa mendapatkan soft copy sertifikat saya?

Anda akan menerima softcopy bersamaan dengan hardcopy sertifikat dari panitia pelatihan jika sertifikat sudah selesai

Apakah sertifikat dari PPSDM KEBTKE diakui secara resmi oleh badan sertifikasi profesi?

Ya, betul. Sertifikat PPSDM KEBTKE diakui oleh Kementerian ESDM dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi

Apa yang saya lakukan apabila saya menemui kendala dalam pelaksanaan sertifikasi?

Anda dapat menghubungi hotline PPSDM KEBTKE 0811-8070-039

Kerjasama apa saja yang dapat dilakukan dengan PPSDM KEBTKE?

Kerjasama yang dilakukan mencakup Subsektor Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan, dan Konservasi Energi.

Bagaimana cara melakukan kerja sama dengan PPSDM KEBTKE?

Anda dapat melakukan kerjasama dengan PPSDM KEBTKE dengan menghubungi Sub Koordinator Program dan Kerja Sama PPSDM KEBTKE Sdr. Luqvi R. Syahputra (0812-8412-5912)

Apa itu MOOC GREEN?

MOOC GREEN (Massive Open Online Courses Global Renewable Energy and Electricity Knowledge). MOOC GREEN adalah kursus online yang diinisiasi oleh PPSDM KEBTKE untuk menjangkau peserta dari berbagai kalangan masyarakat untuk mempelajari ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan, dan konservasi energi secara online. Dengan pengajar yang terlatih dan handal, MOOC diisi oleh materi dari para ahli dengan latar belakang pendidikan formal S2 dan S3 yang berpengalaman di bidang ketenagalistrikan, energi baru terbarukan, dan konservasi energi.

Apakah MOOC GREEN bisa diikuti masyarakat umum?

Ya, Anda bisa mengikuti MOOC GREEN. Kursus MOOC GREEN bisa diakses oleh masyarakat umum dengan berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan.

Apa syarat mengikuti MOOC GREEN?

- Memiliki handphone, laptop, atau PC dan jaringan internet untuk mengakses MOOC GREEN
- MOOC GREEN hanya dapat diakses maksimal 14 hari
- Membayar biaya pelatihan

Bagaimana cara mendaftar MOOC GREEN?

- Mendaftar di link Google Form yang ada di flyer
- Panitia akan menghubungi 1 s.d. 2 hari sebelum waktu pelatihan dibuka dan mengirimkan Virtual Account resmi PPSDM KEBTKE kepada pendaftar
- Panitia akan mengkonfirmasi keikutsertaan peserta

Bagaimana cara membayar MOOC GREEN?

Panitia akan menghubungi 1 s.d. 2 hari sebelum waktu pelatihan dibuka dan mengirimkan Virtual Account resmi PPSDM KEBTKE kepada pendaftar

Setelah mendapat Virtual Account, untuk pembayaran apakah bisa memakai selain BNI?

Bisa. Anda dapat memakai mobile banking lainnya dan menggunakan Transfer Antar Bank, serta memilih Transfer Online sebesar Rp.6.500,-. Biaya Rp.6.500,- tersebut akan otomatis terpotong, tidak perlu ditambahkan ke nominal pembayaran. Anda tidak bisa memakai BI Fast (Rp.2500).

Apakah mengikuti MOOC GREEN mendapatkan sertifikat?

Peserta akan mendapatkan e-sertifikat (sertifikat elektronik) apabila telah mengikuti seluruh kegiatan dengan nilai minimal 60,1.

Bagaimana sistem pembelajaran MOOC GREEN?

Pembelajaran MOOC GREEN dilakukan secara mandiri. Di dalam MOOC GREEN sudah disediakan video pembelajaran, materi pembelajaran, serta kuis. Semua materi tersebut bisa diakses kapan saja.

Bagaimana caranya login?

Anda dapat login di akun LMS MOOC GREEN/ELINS dengan menggunakan email yang terdaftar, dengan password yang diberikan oleh operator.

Apakah ada kelas zoom MOOC GREEN?

Tidak ada.

Jam berapa kelas MOOC GREEN?

Semua materi tersebut bisa diakses kapan saja. Di dalam MOOC GREEN sudah disediakan video pembelajaran, materi pembelajaran, serta kuis.

Apakah saya bisa mengikuti pelatihan lebih dari satu pelatihan MOOC GREEN?

Ya, bisa. Anda dapat mengikuti pelatihan MOOC GREEN lebih dari satu dengan mendaftar di form biodata sesuai dengan pelatihan yang diikuti.

Bagaimana bentuk post test MOOC GREEN?

Post test dilaksanakan di Learning Management System (LMS) MOOC GREEN dalam bentuk pilihan ganda.

Apabila saya sudah menyelesaikan seluruh materi, apakah saya bisa ikut post test sebelum waktu yang ditentukan?

Ya, bisa. Peserta bisa mengerjakan post test, apabila telah menyelesaikan seluruh materi.

Bagaimana saya bisa mengakses sertifikat?

Anda akan menerima link unduh sertifikat dari panitia bagi peserta yang telah memenuhi ketentuan kelulusan.

Apa saja fasilitas di PPSDM KEBTKE yang dapat disewa oleh masyarakat umum?

Fasilitas PPSDM KEBTKE yang dapat disewa oleh masyarakat umum, adalah:
- Layanan Wisma Konservasi berupa Kamar Wisma, Paket Fullboard Meeting (twin sharing), Paket Fullboard Meeting (single sharing), Paket Coffee Break, Breakfast/Lunch/Dinner, Paket Halfday Meeting, Paket Fullday Meeting, Paket Oneday Meeting, Ruang Wisma, serta Peralatan Band.
- Sarana Transportasi (bus kapasitas 27 orang dan mini bus kapasitas 11 s.d. 14 orang)
- Penggunaan Lahan, Ruangan, Gedung dan Sarana Olah Raga (berupa halaman gedung PPSDM KEBTKE, Publik Area, Ruang Gedung Kantor, Gedung Anex, serta fasilitas dukungan dari Koperasi EKTL.

Apakah masyarakat umum dapat menyewa fasilitas di PPSDM KEBTKE?

Ya, masyarakat umum dapat menyewa fasilitas di PPSDM KEBTKE.

Bagaimana cara/prosedur menyewa fasilitas di PPSDM KEBTKE?

Anda dapat menghubungi kontak yang tertera dalam booklet Tarif Penyewaan/MICE PPSDM KEBTKE

Berapa harga sewa fasilitas di PPSDM KEBTKE?

Anda dapat mengakses informasi harga sewa fasilitas dalam booklet Tarif Penyewaan/MICE PPSDM KEBTKE

Bagaimana saya bisa mendapatkan informasi mengenai program magang di PPSDM KEBTKE?

Anda dapat menghubungi hotline PPSDM KEBTKE 0811-8070-039

Bagaimana cara mendaftar magang di PPSDM KEBTKE?

Anda dapat mengajukan surat permohonan kepada Biro SDM KESDM tembusan Kepala PPSDM KEBTKE terkait magang di PPSDM KEBTKE

Dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar magang di PPSDM KEBTKE?

Anda dapat mengirimkan surat permohonan dilengkapi data calon peserta magang

Apakah syarat mengikuti magang di PPSDM KEBTKE?

Syarat peserta magang adalah memiliki latar belakang pendidikan SMA/sederajat dan mahasiswa di perguruan tinggi

Bagaimana penempatan program magang/teknis pelaksanaan magang nantinya?

Kepala PPSDM KEBTKE cq Kepala Bagian Tata Usaha akan menempatkan peserta magang dengan memperhatikan latar belakang pendidikan dan urgensi magang

Apakah ada durasi minimal magang?

Durasi miminal magang adalah 1 bulan

Bagaimana jika saya ingin melaksanakan magang dengan jangka waktu lebih/kurang dari periode yang ditentukan?

Anda tidak dapat menambah/mengurangi periode magang dari durasi yang telah ditentukan.

Bagaimana apabila latar belakang program studi yang saya tempuh tidak sesuai dengan posisi/formasi yang tersedia? Apakah saya tetap diperbolehkan mendaftar?

PPSDM KEBTKE akan memberikan persetujuan magang memperhatikan urgensi magang

Apakah peserta magang mendapatkan uang saku?

PPSDM KEBTKE tidak menyediakan uang saku bagi peserta magang.

Apakah peserta magang mendapat sertifikat setelah selesai magang ?

Peserta magang akan mendapatkan Surat Keterangan Magang dari PPSDM KEBTKE.

Bagaimana tahapan seleksi magang di PPSDM KEBTKE?

Secara umum hanya terdapat seleksi administrasi berdasarkan proposal dan CV peserta magang, namun wawancara dapat dilaksanakan apabila diperlukan.

Apakah permohonan magang harus diajukan secara individu atau dapat berkelompok?

Peserta dapat mendaftar secara individu atau berkelompok melalui surat resmi.

Apa itu audit energi?

Audit Energi adalah proses evaluasi pemanfaatan energi dan identifikasi peluang penghematan energi serta rekomendasi peningkatan efisiensi pada pengguna sumber energi dan pengguna energi dalam rangka konservasi energi.

Mengapa perlu dilaksanakan audit energi?

Audit energi ditujukan untuk mengetahui kondisi dan potret pemanfaatan energi sehingga dapat dilakakukan peningkatan kinerja energi.

Bagaimana prosedur/pelaksanaan audit energi?

Pelaksanan audit energi dimulai dengan merencanakan audit energi, melaksanakan rapat pembukaan, mengumpulkan data, merencanakan pengukuran, melakukan survei lapangan, melakukan analisis dan melaporkan hasil audit energi.

Siapa saja yang wajib melaksanakan audit energi?

"Audit energi merupakan kegiatan dalam manajemen energi. Pada Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2023 tentang Konservasi Energi, manajemen energi wajib dilakukan oleh :
a. Penyedia Energi yang menggunakan energi sebesar ≥ 6000 TOE
b. Pengguna Energi:
  1) Sektor Industri yang menggunakan energi sebesar ≥ 4000 TOE
  2) Sektor Transportasi yang menggunakan energi sebesar ≥ 4000 TOE
  3) Sektor Bangunan Gedung yang menggunakan energi sebesar ≥ 500 TOE

Bagaimana jika institusi saya berminat untuk melaksanakan audit energi?

Anda dapat menghubungi hotline PPSDM KEBTKE 0811-8070-039

Form Open Question